Kota Gurindam Masih Waspada! Aktivitas Belajar di Rumah Diperpanjang

Hal itu dilakukan setelah melihat situasi pandemi Covid-19 di Indonesia, khususnya di Tanjungpinang yang belum benar-benar pulih

blog.lingobus.com
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Pemerintah Kota Tanjungpinang memperpanjang kegiatan belajar di rumah setelah Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

Hal itu dilakukan setelah melihat situasi pandemi Covid-19 di Indonesia, khususnya di Tanjungpinang yang belum benar-benar pulih.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Tanjungpinang, Atmadinata mengatakan memperpanjang kegiatan belajar di rumah untuk siswa dimulai lagi dari 26 Mei sampai 26 Juni mendatang.

Curhat Ammar Zoni Menjadi Artis Sinetron, Pindah Sekolah 15 Sekali hingga Belajar Seni Peran

"Usai Lebaran proses belajar siswa tetap di rumah, diperpanjang hingga 26 Juni," ujarnya, Rabu (27/05/2020).

Perihal perpanjangan proses belajar di rumah, Atmadinata menuturkan surat edarannya sudah dikeluarkan oleh Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Tanjungpinang, Rahma.

Surat edaran itu bernomor 422.1/733/5.3.01/2020 tentang Kegiatan Belajar dari Rumah setelah Hari Raya Idul Fitri Dalam Masa Tanggap Darurat Penyebaran Covid-19 tertanggal 20 Mei.

Dalam surat itu terdapat beberapa poin yang disampaikan.

Selain memperpanjang proses belajar di rumah untuk siswa, juga diatur pendidik tidak fokus pada pembelajaran dan penilaian kognitif, tetapi harus menyeimbangkan aspek lain seperti keterampilan yang berbasis pendidikan karakter.

Belajar dari Rumah di Kabupaten Bintan Kembali Diperpanjang Hingga 13 Juni 2020 Akibat Covid-19

Pemko juga mendorong para pendidik lebih kreatif menjalankan pembelajaran jarak jauh dari rumah dengan tidak fokus pada kompetensi akademik semata.

Mereka, para pendidik diminta mengenali dan memanfaatkan minat serta potensi anak didik sehingga tugas yang diberikan dijalankan dengan total dan penuh semangat.

“Kepala sekolah dan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran di rumah agar mengutamakan kualitas proses pembelajaran daripada mengejar ketercapaian target kurikulum dan ketuntasan materi pembelajaran,” isi dari surat edaran tersebut.

Poin berikutnya, kegiatan belajar di rumah diharapkan lebih menekankan kepada pembelajaran kontekstual dan learning atau pembelajaran yang bermakna dapat melatih dan meningkatkan pengembangan life skill peserta didik.

Usai Libur Lebaran, Siswa Batam Belajar Lagi Mulai 2 Juni, Ini Kata Sejumlah Orangtua Murid

Adapun pembagian rapor pembelajaran tahun 2019/2020 diminta berlangsung melalui grup WhatsApp orangtua/wali siswa pada 27 Juni 2020.

Sedangkan libur semester genap tahun pembelajaran 2019/2020 berlaku mulai 29 Juni sampai 11 Juli 2020, dan masuk kegiatan belajar mengajar tahun ajaran baru dimulai 13 Juli.

(tribunbatam.id/Alfandi Simamora)

Editor: Irfan Azmi Silalahi
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved