BATAM TERKINI

Proyek Interkoneksi Masih Berjalan, BP Batam Klaim Cara Jitu Atasi Krisis Air Bersih

Semula, waduk penerima, yaitu Dam Mukakuning dipilih dengan pertimbangan lokasi yang paling dekat dengan Dam Tembesi dengan jarak sekitar 3,9 km.

ATB
Kondisi waduk Tembesi dilihat dari foto udara beberapa waktu lalu. Direktur Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan BP Batam menyebut, penyaluran air dari waduk Tembesi ke waduk Mukakuning diklaim menjadi cara mengatasi potensi krisis air di beberapa waduk di Kota Batam. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Penyaluran air dari waduk Tembesi ke waduk Mukakuning menjadi salah satu wacana mengatasi potensi krisis air di beberapa waduk di Kota Batam.

Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan BP Batam menyebut, telah menjalankan proses interkoneksi waduk ini hingga tahap pengadaan material.

Sebelumnya, BP Batam telah membuka lelang tender proyek pengadaan saluran interkoneksi dari waduk Tembesi ke Mukakuning, dengan jumlah peserta mencapai puluhan tender.

Saat ini, telah dipilih satu tender yang memenangkan lelang proyek tersebut, dan proses telah sampai pada pengadaan material, yakni pipa penyalur, serta dua bangunan sipil, intake di Tembesi dan penerima di Mukakuning.

"Proses lelangnya sendiri sudah (selesai), itu cukup banyak pesertanya, yaitu kira-kira puluhan orang," ujar Direktur Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan BP Batam, Binsar Tambunan, Rabu (27/5/2020).

Semula, waduk penerima, yaitu Dam Mukakuning dipilih dengan pertimbangan lokasi yang paling dekat dengan Dam Tembesi dengan jarak sekitar 3,9 km.

Selain itu, daerah tangkapan air di dam Mukakuning juga terhubung dengan dam Duriangkang, sehingga apabila air di Mukakuning penuh, dapat tersalurkan langsung ke dam dengan kapasitas terbesar di Kota Batam tersebut.

Proyek ini rencananya akan selesai dalam dua sampai tiga bulan ke depan. Waktu satu bulan disediakan untuk pendataan material perpipaan, kemudian sebulan berikutnya mulai proses pemasangan.

"Interkoneksi ini diharapkan dapat membantu mengatasi turunnya tinggi muka air di hampir semua waduk di Kota Batam," tambah Binsar.

Kaji Sistem Pengelolaan Air Bersih

Halaman
123
Penulis: Hening Sekar Utami
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved