Pinjaman KTA yang Tak Kunjung Lunas? Segera Lunasi dengan Cara Ini

Cukup banyak orang yang memanfaatkan dana KTA untuk menutupi utang kartu kredit, liburan, shopping, dan mengembangkan usaha.

kontan
Ilustrasi Perencanaan keuangan 

TRIBUNBATAM.id - Sebagian masyarakat gemar mengajukan utang Kredit Tanpa Agunan (KTA)  karena tidak perlu menyiapkan agunan atau jaminan. Selain itu, proses pengajuan utang KTA mudah dan cepat. 

Cukup banyak orang yang memanfaatkan dana KTA untuk menutupi utang kartu kredit, liburan, shopping, dan mengembangkan usaha. 

Proses yang mudah dan cepatnya pencairan dana membuat orang mengajukan KTA ke beberapa lembaga keuangan. Efeknya, mereka harus menanggung cicilan utang KTA lebih dari satu. 

Hal inilah yang membuat sebagian orang mulai kesulitan membayar cicilan utang KTA. Bila gagal bayar mereka bisa dikenakan pinalti alias denda keterlambatan pembayaran. 

Mike Rini Sutikno, Financial Planner Mitra Keluarga Edukasi mengatakan utang KTA yang mulai menumpuk harus segera dibereskan. 

"Bukan mustahil untuk melunasi seluruh utang tersebut tapi Anda harus mau bersabar dan berkorban," katanya. 

Bila saat ini Anda memiliki utang KTA lebih dari satu, simak cara melunasi utang KTA dari para ahli perencana keuangan berikut ini.   

1. Stop utang 

Untuk melunasi seluruh utang KTA Anda sebaiknya jangan menciptakan utang baru. "Jangan berutang untuk membayar utang, itu hanya akan menjadi masalah baru," kata Mike. 

Anda sebaiknya menahan diri untuk tidak lagi berutang sampai seluruh utang terlunasi. 

2. Review utang 

Halaman
12
Editor: Rio Batubara
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved