Breaking News:

VIRUS CORONA DI KARIMUN

Sudah Terima Prosedur New Normal, Bupati Karimun Izinkan Warga Salat Berjemaah di Masjid, Syaratnya?

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengeluarkan Surat Edaran terkait Protokol Pelaksanaan Ibadah di Fase New Normal.

Penulis: | Editor: Dewi Haryati
TribunBatam.id/Istimewa
Bupati Karimun, Aunur Rafiq 

TRIBUNBATAM.id, KARIMUNBupati Karimun Aunur Rafiq mengeluarkan Surat Edaran terbaru terkait Protokol Pelaksanaan Ibadah dalam kondisi Covid-19 (Fase New Normal).

Surat Edaran bernomor :450/SET-COVID-19/V/09/2020 itu dikeluarkan pada hari Kamis (29/5/2020).

Dalam surat tersebut disampaikan, pemerintah tetap menganjurkan untuk melaksanakan ibadah di rumah saja bersama keluarga.

Namun demikian bagi pengurus dan jamaah rumah atau sarana ibadah se-Kabupaten Karimun yang berkeinginan untuk melaksanakan ibadah di masa pandemi COVID-19 pada Fase New Normal ini diperbolehkan.

Akan tetapi wajib mengikuti protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

 KENALI Tanda Tubuh Sedang Kekurangan Vitamin C, Sering Merasa Lemah hingga Mimisan

Adapun protokol yang harus diterapkan adalah pengurus masjid/musala yang akan melaksanakan salat berjamaah harus menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, menyediakan antiseptik untuk jamaah dan disinfektan untuk membersihkan fasilitas ibadah sebelum dan sesudah digunakan.

Kemudian melakukan pemeriksaan suhu tubuh jamaah, dalam melaksanakan ibadah pengurus maupun jamaah harus memakai masker.

Selanjutnya bagi jamaah yang kurang sehat atau yang memiliki gejala demam, batuk, bersin tidak diperkenankan untuk beribadah secara berjamaah. Jamaah diprioritaskan bagi warga bertempat tinggal di sekitar sarana atau rumah ibadah (merupakan jamaah tetap), tidak berjabat tangan dan berpelukan, mempersingkat waktu pelaksanaan ibadah.

Seterusnya membawa sajadah masing-masing dan dianjurkan untuk berwudhu dari rumah serta menerapkan physical distancing atau menjaga jarak minimal 1 lengan antara satu jamaah dengan jamaah lainnya serta imam yang bertugas dalam memimpin sangat dianjurkan membaca Doa Qunut Nazilah pada setiap salat 5 waktu.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved