Dapat Hasil Dari Menanam Hidroponik, Kapolres Anambas Girang, 'Bisa Dicontoh Warga di Rumah'

Kapolres Anambas, AKBP Cakhyo Dipo Alam mengajak warga ikut bercocok tanam di rumah di tengah pandemi Covid-19.

TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
Kapolres Anambas AKBP Cakhyo Dipo Alam saat menunjukkan hasil tanaman hidroponik yang dikelola di halaman kosong rumah dinas personel Polres Anambas, Selasa (2/6/2020). 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Kapolres AnambasAKBP Cakhyo Dipo Alam mengajak personelnya bercocok tanam di masa pandemi Covid-19.

Bukan asal tanaman, namun tanaman yang bisa dikonsumsi. Seperti selada, sawi dan sebagainya yang tergolong sayur-mayur.

Selain hasil menanam sendiri lebih higienis, menurutnya hal ini juga untuk mengisi waktu luang personel dan sekaligus belajar cara bercocok tanam yang baik.

Termasuk untuk menjaga ketahanan pangan.

Di sini, Polres Anambas mengembangkan produksi bahan pangan mandiri dengan menanam tanaman secara hidroponik. Tak menunggu waktu lama, hasil tanamannyapun kini sudah bisa dinikmati dan membuat Cakhyo senang karena bisa memetik langsung dari tanamannya.

 Kantor Samsat Tanjungpinang Kembali Beroperasi Pasca Ditutup, Warga Antusias Urus Pajak Kendaraan

"Penanaman hidroponik ini kita lakukan di rumah yang punya lahan kosong. Ada kurang lebih 50 meter persegi lahan kosong yang ada di rumah dinas personel," ujar Cakhyo, Selasa (2/6/2020).

Untuk tanamannya sendiri, ada tujuh macam jenis sayuran yang ditanam. Seperti selada, sawi minyak, sawi hijau, timun, terong, dan cabai. Tak ketinggalan pula, ada juga buah-buahan yang ditanam.

Menurutnya program ini sangat bagus sekali diterapkan. Warga juga bisa mencontoh, untuk mengisi waktu senggang di rumah selama pandemi Covid-19 ini.

Kapolres Anambas AKBP Cakhyo Dipo Alam saat menunjukkan hasil tanaman hidroponik yang dikelola di halaman kosong rumah dinas personel Polres Anambas, Selasa (2/6/2020).
Kapolres Anambas AKBP Cakhyo Dipo Alam saat menunjukkan hasil tanaman hidroponik yang dikelola di halaman kosong rumah dinas personel Polres Anambas, Selasa (2/6/2020). (TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA)

"Ketahanan pangan seperti menanam tanaman hidroponik ini sangat penting untuk dikembangkan dan dikelola.

Untuk itu perlu adanya upaya dalam menguatkan ketahanan pangan," ujarnya.

Selain itu, cara menanam hidroponik ini juga sangat mudah sekali dilakukan. Potnya sendiri bisa menggunakan paralon ukuran besar, jadi tidak memakan lahan yang luas.

Hasil sayurnya pun cukup segar. Tentunya perlu dirawat secara teratur.

Halaman
1234
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved