Breaking News:

TIPS KESEHATAN

Masuk New Normal, Amankah Olahraga Pakai Masker? Begini Penjelasan Dokter Spesialis Olahraga

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dr Michael Triangto, Sp.KO memembahas tentang keamanan memakai masker saat olahraga

Editor: Agus Tri Harsanto
FREEPIK.COM
Ilustrasi masker. Amankah olahraga memakai masker? 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Batam akan masuk era New Normal Corona.

Salah satu aturan di New Normal adalah kewajiban mengenakan masker di berbagai aktivitas, termasuk olahraga.

Di Batam sendiri New Nomal akan berlaku mulai 15 Juni 2020.

Lantas amankan olahraga memakai masker? Apakah tidak menyebabkan kematian?

Apalagi belakangan ini beredar kabar viral mengenai seorang pesepeda yang meninggal dunia saat berolahraga sambil menggunakan masker.

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dr Michael Triangto, Sp.KO menyatakan bahwa dapat dimengerti bila ada yang merasakan sesak ketika menggunakan masker saat berolahraga, terutama pada olahraga berintensitas berat.

Menuju New Normal! Pemprov Kepri Tantang Kabupaten Kota Ikut Lomba Inovasi

Sejumlah pasangan dengan mengenakan masker menari di sebuah taman di sebelah Sungai Yangtze, Wuhan, Provinsi Hubei, China, Selasa (12/5/2020). Memasuki enam pekan bebas dari lockdown yang diterapkan akibat pandemi Covid-19 sejak Januari lalu, warga Wuhan kembali beraktivitas walau dalam kondisi terbatas. (AFP/HECTOR RETAMAL)
Sejumlah pasangan dengan mengenakan masker menari di sebuah taman di sebelah Sungai Yangtze, Wuhan, Provinsi Hubei, China, Selasa (12/5/2020). Memasuki enam pekan bebas dari lockdown yang diterapkan akibat pandemi Covid-19 sejak Januari lalu, warga Wuhan kembali beraktivitas walau dalam kondisi terbatas. (AFP/HECTOR RETAMAL) (Kompas.com)

Meski demikian, bukan berarti berolahraga dengan menggunakan masker adalah hal yang tidak aman dan berakibat fatal.

Menurut dia, selama olahraga dilakukan dengan intensitas ringan hingga sedang yang bertujuan untuk kesehatan, maka penggunaan masker akan tetap aman, tidak mempersulit sistem pernapasan dan tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan, terlebih lagi hingga menyebabkan kematian.

"Penggunaan masker pada olahraga untuk kesehatan, dengan intensitas ringan hingga sedang, masih dimungkinkan," ujarnya ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (2/6/2020).

Sebaliknya, olahraga berintensitas berat hanya diperuntukkan dan dilakukan bagi atlet yang mau bertanding, yang memang tujuan kesehatan bukanlah menjadi prioritas utama mereka, melainkan prestasi.

Saat New Normal, Pedagang di Mal Wajib Pakai Masker, Face Shield, dan Sarung Tangan

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved