Plt Gubernur Kepri Isdianto Perintahkan Tim Posko Tangani Klaster Eden Park

Ketua Tim Posko Lawan Covid-19 Kepri di Batam, Buralimar, menyatakan tim dan relawan dikerahkan untuk membantu warga di klaster Eden Park.

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Pelaksana tugas Gubernur Kepri Isdianto mengerahkan Tim Posko Lawan Covid-19 Kepri di Batam memberikan pendampingan bagi pasien positif dan warga di klaster Eden Park Kota Batam.

Ketua Tim Posko Lawan Covid-19 Kepri di Batam, Buralimar, menyatakan tim dan relawan dikerahkan untuk membantu warga di klaster Eden Park.

Buralimar sudah menurunkan relawan dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang juga bagian dari tim posko.

Selain pendampingan, tim juga membantu melacak kontak penularan, sampai memberikan konseling dan sosialisasi kepada masyarakat sekitar tempat tinggal pasien terkonfirmasi positif.

"Sesuai arahan langsung Plt Gubernur Kepri Isdianto, kami ditugasi memberikan pendampingan kepada pasien klaster Eden Park yang didominasi Jemaat Gereja. Teman-teman ACT ikut membantu untuk memberikan sosialisasi berupa komunikasi manajemen resiko," ujar Buralimar, Rabu (3/6/2020).

Kepala Dinas Pariwisata Kepri itu menjelaskan komunikasi manajemen resiko adalah salah satu metode sosialisasi mengenai Covid-19 ke masyarakat yang terdampak dan merupakan salah satu cara preventif untuk mencegah penularan Covid-19 di kawasan tersebut. 

Sosialisasi yang disampaikan Tim Posko ke petugas keamanan atau satpam, warga setempat dan aparat rukun tetangga.

Sosialisasi untuk petugas keamanan agar memperketat penjagaan lokasi perumahan, meminta dukungan satpam selaku keamanan agar tetap kondusif dan saling support ke sesama warganya yang terdampak.

"Jangan ada diskriminasi warga terhadap kasus positif yang ada di perumahan tersebut," tutur Buralimar.

Sedang sosialisasi untuk warga mengenai edukasi masalah penyakit Covid-19, meminta dukungan masyarakat agar turut mengambil tindakan positif mendukung warga yang terdampak dan memberi semangat ke tetangga yang menjadi pasien terkonfirmasi positif.

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved