141.423 Pekerja Migran Akan Dipulangkan ke Tanah Air, Lewat Pelabuhan Kota Batam?

Sekitar 141.423 pekerja migran akan kembali ke tanah air dalam waktu dekat. Mereka dipulangkan oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

TRIBUNBATAM.id/ZABUR ANJASFIANTO
PERIKSA SUHU - TKI dari Malaysia diperiksa suhu setiba di Pelabuhan Internasional Batam Center, Kamis (21/5/2020). 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA – Di tengah wabah Covid-19 di tanah air, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 akan memulangkan pekerja migrant dari luar negeri.

Jumlah pekerja migrant tersebut diperkirakan bisa mencapai 141.423 orang.

Mereka dipulangkan melalui beberapa pelabuhan yang menjadi pintu masuk dari luar negeri ke tanah air.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan 141.423 pekerja migran itu akan kembali ke Indonesia kala pandemi Covid-19.

Data tersebut dia peroleh dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia.

Informasi ini disampaikan Doni usai rapat bersama Presiden Joko Widodo melalui video conference, Kamis (4/6/2020).

Hamil dan Sakit, 6 Pekerja Migran/TKI Dibawa ke Rusun Tanjung Uncang Batam Pakai Ambulans

MIGRAN INDIA - Pekerja migran India bersama keluarganya berbaris di terminal bus Anand Vihar untuk pulang ke desanya saat pemerintah memberlakukan lockdown, sebagai tindakan pencegahan atas penyebaran virus corona baru Covid-19 di New Delhi, Sabtu (28/3/2020). Pada 28 Maret 2020 puluhan ribu pekerja migran India beserta keluarganya 28 berjuang memasuki bus yang dikelola negara bagian terpadat di India, untuk membawa mereka ke kampung halaman mereka di tengah pandemi virus corona. AFP/BHUVAN BAGGA
MIGRAN INDIA - Pekerja migran India bersama keluarganya berbaris di terminal bus Anand Vihar untuk pulang ke desanya saat pemerintah memberlakukan lockdown, sebagai tindakan pencegahan atas penyebaran virus Corona baru Covid-19 di New Delhi, Sabtu (28/3/2020). Pada 28 Maret 2020 puluhan ribu pekerja migran India beserta keluarganya 28 berjuang memasuki bus yang dikelola negara bagian terpadat di India, untuk membawa mereka ke kampung halaman mereka di tengah pandemi virus corona. AFP/BHUVAN BAGGA (AFP/BHUVAN BAGGA)

"Kemudian berdasarkan data BP2MI yakni Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, warga negara kita yang tercatat akan kembali berjumlah 141.423 orang," kata Doni.

Adapun pekerja migran Indonesia yang telah kembali ke tanah air berjumlah 94.787 orang.

Sebanyak 15.343 orang pulang ke Indonesia melalui Jakarta dan Bali.

Sedangkan sebanyak 79.444 orang kembali ke Indonesia melalui Batam (Kepulauan Riau), Kalimantan Barat, dan Kalimantan Utara.

Halaman
12
Editor: Thom Limahekin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved