Pentingnya Operasi Industri Hulu Migas di Tengah Wabah COVID-19

Untuk itu, kami tetap bekerja sesuai arahan pemerintah, dengan menjaga jarak, memakai masker, serta selalu mencuci tangan.

TRIBUNBATAM.id - Kita semua paham bahaya penyebaran virus corona yang telah menyerang hampir seluruh dunia. Penyebaran terjadi dari orang ke orang, terutama bila berkerumun. Karena itu, janganlah berkerumun.

Akan tetapi, pada saat yang sama, kita harus menjalani kehidupan sehari-hari. Sekolah tetap sekolah, walaupun dirumah saja. Ibadah terus berjalan, walaupun juga dirumah saja.

Walaupun dirumah, kita tetap butuh listrik dan gas. Kita juga tetap butuh bahan bakar minyak untuk menjalankan kendaraan.

Lalu, bagaimana menjaga agar tidak tertular, tapi kehidupan terus berjalan? Pemerintah menetapkan, ada beberapa jenis industry yang harus tetap beroperasi, salah satunya perusahaan minyak dan gas bumi.

Medco E&P Natuna Ltd. (Medco E&P) dan Premier Oil Indonesia  bertugas untuk mencari minyak bumi dan gas, yang kemudian diserahkan ke Negara untuk menjaga ketahanan energy. Untuk itu, kami tetap bekerja sesuai arahan pemerintah, dengan menjaga jarak, memakai masker, serta selalu mencuci tangan.

Sesuai protokol COVID-19 pada saat akses masuk, dan pengecekan kesehatan diperketat. Pekerja harus isolasi diri di rumah 14 hari sebelum bertugas ke lokasi kerja.

Dilanjutkan dengan karantina 5-10 hari dan 2 kali rapid test atau PCR test di tempat yang ditetapkan perusahaan. Kalau dinyatakan sehat, baru bisa bekerja. Ditambah lagi, pergantian kru dikurangi. Penerbangan pun dikurangi. Bagi pekerja local, makan siang disediakan di tempat kerja supaya tidak perlu keluar.

Aktivitas yang tidak berhubungan langsung dengan kegiatan produksi utama, ditunda. Dan di tempat kerja, standar kesehatan diterapkan dengan ketat. Semua sesuai imbauan pemerintah.

Status Siaga Darurat Bencana Non Alam Wabah COVID-19 ditetapkan. Kini, industry strategis nasional minyak dan gas bumi bekerja dengan peraturan khusus. Kesehatan dan keselamatan lebih diutamakan lagi. Disiplin ditingkatkan, bersama kita melewati wabah COVID-19 dan menjaga listrik tetap hidup, kompor tetap menyala dan kendaraan tetap bergerak. 

Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved