Breaking News:

BATAM TERKINI

Prediksi BMKG, Hujan Disertai Petir Masih Berpotensi Terjadi di Kota Batam

Meski berpotensi hujan lebat diserta petir, Suratman mengatakan kondisi cuaca tersebut masih aman untuk transportasi darat, laut bahkan udara.

Penulis: | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Thomm Limehekin
Kondisi langit Kota Batam, Provinsi Kepri, Jumat (5/6/2020) siang. BMKG memprediksi hujan disertai petir diprediksi masih terjadi di Kota Batam. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi disertai potensi petir terjadi di Kota Batam sejak beberapa hari terakhir.

Kasi Data dan Informasi BMKG Hang Nadim Suratman mengatakan, hal itu disebabkan karena puncak musim penghujan pada bulan Juni 2020.

Menurut dia, Masyarakat tidak perlu menakuti petir. Hanya saja, diminta untuk waspada. Karena suaranya begitu keras. Bisa berpotensi pada alat elektronik. Selain itu, arah angin dari Tenggara menuju ke Barat Laut.

Seperti diketahui, padamnya listrik di sejumlah wilayah di Kota Batam diketahui berasal dari ruas transmisi listrik yang mengalami gangguan akibat tersambar petir.

"Sebenarnya Mei kemarin puncaknya. Tapi ini sisa-sisa. Meski begitu, cukup lebat ya. Demikian prediksi berdasarkan alat dan ukur yang dimiliki oleh BMKG Hang Nadim," kata Suratman, Jumat (5/6) siang.

Meski berpotensi hujan lebat diserta petir, Suratman mengatakan kondisi cuaca tersebut masih aman untuk transportasi darat, laut bahkan udara.

"Tapi masih aman untuk transportasi darat, laut, dan udara. Jarak pandang juga di atas 10 Kilometer. Ini masih sangat bagus sekali. Kecepatan angin 5-20 km per jam," kata dia.

Sementara untuk prakiraan cuaca esok hari, Sabtu, 06 Juni 2020, adanya shearline (belokan angin) di sekitar wilayah Kepulauan Riau menyebabkan penumpukan massa udara sehingga potensi pembentukan awan-awan hujan cenderung meningkat.

Secara umum kondisi cuaca esok hari diprakirakan berawan. Dan berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan, hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Yang dapat disertai petir dan angin kencang serta gelombang laut yang cukup tinggi di wilayah Bintan/Tanjung Pinang, Natuna, dan Anambas," tambah Suratman.

Perusahaan Buka Rekaman CCTv, Penyebab Tewasnya Musalim Korban Kecelakaan Kerja Akhirnya Terungkap

Mengenal Pneumotoraks, Gangguan Organ Paru Akibat Kolaps, Perokok Berisiko Mengalaminya

Ungkap Penyebab Gangguan Listrik

Direktur Operasi bright PLN Batam, Awaluddin Hafid mengatakan, pemadaman terjadi dikarenakan adanya gangguan terhadap sistem kelistrikan di Kota Batam.

Tak hanya di Batam saja, Kabupaten Bintan pun menurutnya mengalami hal serupa.

“Ada sambaran petir cukup kuat kemarin pada salah satu ruas transmisi 150 kV sejak pukul 19.25 WIB. Jadinya agak terganggu. Namun semua pembangkit dalam kondisi aman,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima TribunBatam.id.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved