Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

Siapkan Anggaran Rp 1,2 Miliar, 371 Mahasiswa Asal Anambas Bakal Dapat Beasiswa dari Pemda

Tahun 2020, setidaknya ada 371 mahasiswa yang akan menerima bantuan beasiswa dari Pemerintah Daerah Anambas. Mahasiswa harus membuat proposal dulu

TRIBUNBATAM.ID/RAHMA TIKA
Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Kabupaten Kepulauan Anambas, Nurman 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Pemerintah Daerah Anambas melalui Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Disdikpora) mengucurkan dana beasiswa setiap tahunnya. Dana itu satu diantaranya untuk putra-putri daerah Anambas yang menyenyam pendidikan di bangku kuliah.

Tahun 2020 ini, ada 371 mahasiswa yang akan menerima bantuan beasiswa.

Tak tanggung-tanggung, dana yang disiapkan Pemda Anambas untuk beasiswa mahasiswa ini sekitar Rp 1,2 miliar.

"Ada tipe penerima beasiswa, untuk tipe A mereka akan terima Rp 3,5 juta, tipe B Rp 2,5 juta, tipe C Rp 2 juta, dan skripsi Rp 2 juta. Nanti mereka sendiri yang akan bikin proposal.

Baru kita pilah, dengan melihat tempat perguruan tinggi dan IPK-nya, juga mencantumkan surat dari kampus dan surat keterangan tidak mampu," jelas Kepala Disdikpora Anambas, Nurman saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (5/6/2020).

 Tribun Podcast, Haripinto Mengurai New Normal di Batam dan Survive saat Pandemi

 New Normal Tidak Boleh Diterapkan di Zona Merah, Sedangkan Zona Hijau Terserah Pemda

Jika Disdikpora menerima banyak proposal ajuan beasiswa dari mahasiswa, biasanya akan diseleksi terlebih dahulu. Sebab yang bisa mendapatkan beasiswa adalah mahasiswa yang ada di semester ganjil.

"Jadi mereka dapat beasiswa ini di semester 3,5,7 dan skripsi. Sekarang ini mahasiswa minta kelonggaran kepada kita, karena kampus kan sedang tutup karena Covid-19 ini.

Jadi belum bisa minta surat keterangan dari kampus," ujarnya.

Selain menyediakan beasiswa untuk mahasiswa umum, juga ada beasiswa untuk putra putri daerah yang merupakan program beasiswa tugas belajar. Pada program beasiswa ini, pemda menyediakan seluruh kebutuhan mahasiswanya mulai dari biaya hidup hingga SPP.

"Kalau yang tadi itu kan beasiswa bebas. Kalau yang disekolahkan Pemda diperkirakan ada 5 dokter, 10 Hidayatullah, dan 10 pariwisata," pungkasnya.

(Tribunbatam.id/Rahma Tika)

Penulis: Rahma Tika
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved