Akses ke Lingga Kembali Dibuka, Operator Kapal Pertimbangkan Jumlah Penumpang Sebelum Berlayar

Kepala Pos Syahbandar Pelabuhan Domestik Telaga Punggur Batam, Komaruddin menyampaikan, pihaknya telah menerima surat dari Dinas Perhubungan Lingga

TribunBatam.id/Alfandi Simamora
Kapal Roro saat berlayar menuju ke Pelabuhan ASDP Telaga Punggur, Kota Batam, Provinsi Kepri. Pihak ASDP memberhentikan sementara rute pelayaran kapal Roro tujuan Dabo Singkep, Kabupaten Lingga selama 14 hari terhitung 28 Maret 2020. Kini dibuka kembali 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Pemerintah Kabupaten Lingga akhirnya membuka kembali akses kedatangan orang ke Lingga setelah ditutup beberapa waktu lalu.

Penutupan akses orang ini bertujuan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 yang tengah mewabah di wilayah Kepulauan Riau.

Lewat surat Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga Nomor 550/DISHUB/221, memuat persyaratan melakukan perjalanan menggunakan transportasi laut.

Dalam surat tersebut, untuk kedatangan dan kepergian orang dari Kabupaten Lingga menggunakan transportasi laut diberlakukan persyaratan khusus.

Kepala Pos Syahbandar Pelabuhan Domestik Telaga Punggur Batam, Komaruddin menyampaikan, pihaknya telah menerima surat dari Dinas Perhubungan Lingga.

Pria yang Tuduh Hadiah Give Away Raffi Ahmad Ditemukan, Nagita Slavina: Saya Jujur Sakit Hati

Eks PM Malaysia Mahathir Ungkap Jebakan Utang dari China, Sebut Strategi Bangun Pangkalan Militer

Menurutnya, walaupun Lingga sudah membuka aksesnya, namun sampai saat ini belum ada operator kapal yang menyatakan akan melakukan pelayaran ke daerah tersebut.

"Hal itu mungkin karena pertimbangan mengenai jumlah penumpang yang akan diangkut," ujar Komaruddin, Sabtu (6/6/2020).

Ia dan operator kapal feri tujuan Lingga juga masih kebingungan dengan surat dari Dinas Perhubungan itu. Isinya terkait beberapa persyaratan bagi calon penumpang yang hendak melakukan perjalanan seperti menunjukan surat kesehatan dan lain sebagainya.

"Hari Senin kita akan rapat bersama operator kapal untuk membahas hal tersebut," ujarnya.

Sedangkan untuk tujuan Batam menuju Tanjungpinang saat ini masih terbilang ada penumpang. Namun untuk kapasitas pengangkutan dilakukan pengurangan untuk membatasi penumpukan penumpang di atas kapal. Tak lain tujuannya untuk menerapkan protokol kesehatan.

Halaman
123
Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved