ASET BP BATAM

Mengapa Kamu Harus Jujur Saat Berobat?

Sikap jujur saat berobat di masa pandemi ini juga sangat dibutuhkan, baik bagi diri sendiri maupun bagi tenaga kesehatan.

TRIBUNBATAM.ID/BERES LUMBANTOBING
Direktur RSBP Batam, dr Sigit Riyarto 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Tren perkembangan kasus Covid-19 yang belum kunjung menurun membuat Pemerintah Kota Batam giat menyerukan imbauan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat.

Memakai masker, saling berjaga jarak, hindari kerumunan, dan berolahraga secara teratur adalah sekian dari cukup banyak pokok-pokok protokol kesehatan yang wajib dipatuhi masing-masing individu guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Sebab, virus Corona adalah jenis virus yang menyebar dengan cepat lewat kontak dari manusia ke manusia lainnya. Oleh karena itu, pembatasan aktivitas masyarakat dipandang wajib untuk diimplementasikan di Kota Batam.

Namun, ada satu anjuran lain yang tak boleh dilewatkan oleh masyarakat, selain mematuhi protokol kesehatan.

Direktur Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam, Sigit Riyarto, menambahkan, sikap jujur saat berobat di masa pandemi ini juga sangat dibutuhkan, baik bagi diri sendiri maupun bagi tenaga kesehatan.

"Kami ingin mendorong masyarakat agar bersikap jujur saat diperiksa. Supaya, apabila memang betul terjangkit, agar segera diketahui dan tidak menularkan kepada orang lain," ujar Sigit.

Saat diperiksa tenaga kesehatan, masyarakat sebaiknya bersikap jujur dalam memaparkan gejala penyakit yang diderita, serta riwayat kontak dan perjalanan selama beberapa hari sebelum memeriksakan diri.

Menurut pihak RSBP Batam, sikap jujur ini dibutuhkan, dengan alasan:

1. Untuk mempercepat penanganan penyakit agar tidak salah diagnosa.

2. Menghindari berpotensi menularkan penyakit kepada tenaga kesehatan.

3. Dapat membantu upaya pemerintah dalam menanggulangi wabah dengan cepat dan tepat.

4. Selain itu, agar tidak terkena sanksi hukum seperti yang ditetapkan setelah wabah virus Corona dinyatakan sebagai bencana nasional non-alam, masyarakat sebaiknya selalu jujur dalam menjalani pemeriksaan kesehatan.

Sebagai garda terdepan, petugas medis, khususnya dari RSBP Batam, mengharapkan masyarakat tidak lagi memberi stigma buruk bagi para penderita Covid-19.

Menurut Sigit, stigma buruk inilah yang mengakibatkan masyarakat justru takut untuk berobat atau takut bersikap jujur saat diperiksa oleh tenaga kesehatan. Padahal, pasien Covid-19 adalah selayaknya pasien penyakit lain, hanya saja membutuhkan perawatan yang khusus.

"Penyakit ini memang ada di antara kita, dan kita harus memeranginya, namun tidak dengan cara mengucilkan tapi justru mendukung," tambah Sigit. (adv)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved