ASET BP BATAM

Warga Sambut Baik Pembangunan IPAL BP Batam

Tak sedikit pula warga yang menyambut baik rencana pembangunan IPAL ini dengan mempertimbangkan manfaat pembangunan di masa mendatang.

ISTIMEWA
Kondisi waduk Duriangkang Batam sebelum ada El Nino. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) oleh BP Batam, saat ini menuju rampung khusus untuk tahap 1 yakni area Batam Center.

Pembangunan IPAL akan memberikan manfaat yang sangat penting bagi masyarakat Batam yakni berperan dalam pengamanan waduk dari limbah domestik, penataan sanitasi lingkungan dan peningkatan derajat masyarakat serta produk IPAL akan menjadi recycling air yang akan menambah pasokan air baku bagi Batam.

Namun dalam pembangunannya, Badan Fasilitas dan Lingkungan mengakui terdapat kendala yang ditemui, khususnya terkait galian pipa yang tersambung ke rumah-rumah warga.

Salah satu kendala yang dihadapi BP Batam adalah, adanya penolakan dari sebagian warga yang masih belum memahami fungsi dan manfaat jangka panjang IPAL tersebut.

"Salah satu yang menjadi kendala kami adalah, warga banyak yang menolak pekerjaan galian pipa di perumahannya. Padahal, untuk menanam pipa yang tersambung ke rumah-rumah tidak membutuhkan galian yang dalam," terang Manajer Pengolahan Limbah dan Lingkungan, Badan Fasling, BP Batam, Iyus Rusmana.

Namun demikian, tak sedikit pula warga yang menyambut baik rencana pembangunan IPAL ini dengan mempertimbangkan manfaat pembangunan di masa mendatang.

Hingga minggu ke 3 bulan Mei 2020, telah terpasang 4.747 SR terpasang di depan rumah warga.

Contohnya, salah seorang warga Kelurahan Bengkong Sadai, Siti, memang mengaku baru pertama kali mendengar soal IPAL.

Terlebih lagi, dirinya cukup terkejut, ternyata ada pembangunan IPAL di wilayah Bengkong dekat tempatnya berjualan.

"Saya baru tahu ada yang namanya IPAL itu di dekat sini," ujar Siti.

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved