Breaking News:

Berapa Sebenarnya Gaji Polisi Indonesia dari Tamtama hingga Level Jenderal? Cek di Sini!

Berapa gaji polisi di luar tunjangan, dari mulai pangkat tamtama hingga perwira tinggi level jenderal polisi ( gaji perwira polisi)?

IST
Ilustrasi Polisi - Mengintip besaran gaji seorang polisi, dari Tamtama, perwwira menengah hingga jenderal 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Banyak yang masih penasaran berapa gaji sebenarnya seorang polisi dari Tamtama hingga level jenderal?

Harap dicatat, pada 2019 lalu diberitakan gaji anggota Polri kembali dinaikan.

Kenaikan gaji anggota polisi tersebut tertuang dalam PP Nomor 17 Tahun 2019 tentang Perubahan kedua belas atas Peraturan Pemerintah No 29 tahun 2001 tentang Peraturan gaji Anggota Kpeolisian Negara Republik Indonesia.

Terlepas dari soal gaji, sejumlah orang merasa bangga bisa mengabdikan diri dengan kepada negara dengan menjadi seorang polisi.

Apalagi tugas polisi terbilang mulia, juga faktor prestise di tengah masyarakat.

Meski begitu, menjadi anggota polisi berarti harus siap ditugaskan di daerah mana pun di Indonesia, seleksi menjadi calon siswa dan taruna polisi selalu ketat dan diserbu puluhan ribu orang setiap tahunnya.

Lalu, berapa gaji polisi di luar tunjangan, dari mulai pangkat tamtama hingga perwira tinggi level jenderal polisi ( gaji perwira polisi)?

Gaji anggota polisi di luar tunjangan sebenarnya hampir tak jauh berbeda dengan profesi PNS yang terbagi dalam 4 golongan.

Gaji polisi diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2019 tentang Perubahan Keduabelas atas Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2001 tentang Peraturan Gaji Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Di luar gaji pokok, anggota korps Bhayangkara ini menerima berbagai macam tunjangan yang besarnya bervariasi tergantung pangkat, jabatan, dan daerah penempatan ( tunjangan polisi).

Beberapa tunjangan yang melekat pada anggota Polri antara lain tunjangan kinerja, tunjangan keluarga, tunjangan lauk pauk, tunjangan jabatan, tunjangan khusus daerah Papua, dan tunjangan daerah perbatasan.

Halaman
1234
Editor: Aminudin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved