Breaking News:

KARIMUN TERKINI

Kapolres Karimun Ikut Donor Darah, Memperingati Hari Bhayangkara, 'Ini Kegiatan Rutin'

Memperingati hari Bhayangkara ke-74 tahun, Polres Karimun menggelar kegiatan sosial donor darah, Kamis (18/6)

TRIBUNBATAM.ID/ELHADIF PUTRA
Kapolred Karimun, AKBP Muhammad Adenan ikut menyumbang darah dalam kegiatan sosial HUT Bhayangkara ke 74, Kamis (18/6/2020) 
TRIBUNBATAM.id, KARIMUN - Memperingati hari Bhayangkara ke-74 tahun, Polres Karimun menggelar kegiatan sosial donor darah.
Kegiatan dilaksanakan di Ruang Serbaguna Polres Karimun, Kamis (18/6/2020).
Sebanyak 50 orang berpartisipasi untuk mendonorkan darah mereka.

Hasilnya 36 kantong darah terkumpul, kemudian diserahkan kepada Palang Merah Indonesia (PMI).
"Ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan rutin yang dilakukan Polres Karimun dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara," kata Kapolres Karimun, AKBP Muhammad Adenan.
Adenan juga ikut menyumbangkan darahnya. Para peserta lain adalah Pejabat Utama (PJU) Polres Karimun, para Kapolsek, personel Polres Karimun, Personel Kompi 2 Bataliyon A Pelopor Polda Kepri, Personel Kodim 0317/TBK dan Personel Lanal TBK.
Sebelum diambil darahnya, para peserta menjalani pemeriksaan sesuai dengan protokol kesehatan.
Adenan berharap dengan kegiatan tersebut, maka dapat membantu PMI Kabupaten Karimun dalam mencukupi kelangkaan stok darah pada masa pandemi Covid-19.
"Ini sebagai bentuk ladang amal dan kepedulian sosial Polri kepada masyarakat yang membutuhkan darah," ujar Adenan. 
100 Personel Donor Darah

Sebelumnya, jajaran Polres Tanjungpinang menggelar bakti kemanusiaan donor darah. Acara dilaksanakan bertempat di Rupatama Polres Tanjungpinang, Selasa (14/4/2020).

Sebelum mendonorkan darahnya, terlebih dahulu para personel dicek kesehatan oleh tenaga medis dari PMI Kota Tanjungpinang dan Urkes Polres Tanjungpinang untuk memastikan kesehatan dan kebugaran fisik si pendonor.

Hal ini juga wajib dilakukan sebagai prosedur protokol kesehatan termasuk kewajiban penggunaan masker dan pengecekan suhu tubuh sebagai protokol penanganan Covid-19.

Sebanyak kurang lebih 100 personel jajaran Polres Tanjungpinang mengikuti kegiatan donor darah tersebut termasuk Pejabat Utama Polres (PJU) Tanjungpinang.

Meski begitu sebagian personel tidak dapat mendonorkan darahnya. Karena tekanan darah dan hemoglobin darah yang tidak memenuhi syarat.

 Personel Ditpam BP Batam Ikut Patroli Gabungan, Imbau Social Distancing Cegah Virus Corona

 KABAR GEMBIRA! Pertamina Beri Diskon BBM Ojek Online 50 Persen, Berlaku hingga 12 Juli

Wakapolres Tanjungpinang Kompol Agung Gima Sunarya, SIK menyampaikan, kegiatan donor darah ini dilakukan sebagai upaya pemenuhan ketersediaan darah di PMI maupun unit transfusi darah di rumah sakit agar dapat dipergunakan untuk membantu pasien yang membutuhkan.

"Donor darah ini rutin dilaksanakan Polri termasuk Polres Tanjungpinang dan di saat pandemi Covid-19 ini diharapkan donor darah yang dilaksanakan dapat bermanfaat terutama bagi pasien gawat darurat yang sangat membutuhkan donor darah," ucapnya.

Selain donor darah, jajaran Polres Tanjungpinang juga telah melakukan berbagai kegiatan sosial kemanusiaan seperti pembagian sembako, pembagian makan siang.

Kompol Agung Gima pun berpesan, kepada seluruh elemen masyarakat agar senantiasa mentaati segala kebijakan pemerintah terkait prosedur penanganan Covid-19.

"Menggunakan masker, mencuci tangan, terapkan physical distancing, jangan melakukan aktivitas kerumunan atau perkumpulan dan maksimalkan aktivitas di rumah bukan di luar rumah," pesannya kepada masyarakat.

"Dengan mentaati segala kebijakan dan aturan yang ditetapkan semoga kita semua senantiasa diberi kesehatan dan terhindar dari segala macam penyakit," sebutnya menambahkan.

(Tribunbatam.id/Elhadif Putra/endrakaputra)

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved