ASET BP BATAM

Waduk di Kota Batam Bersifat Single Purpose

Pembangunan waduk-waduk kita di Batam ini sifatnya single purpose, artinya tujuan utamanya hanya satu yaitu penyedia air baku saja.

ISTIMEWA
Kondisi waduk Duriangkang Batam sebelum ada El Nino. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Ada sekitar tujuh waduk di Kota Batam, dan seluruhnya bersifat single purpose, atau hanya memiliki satu fungsi saja, yakni menyediakan pasokan air baku bagi pemukiman dan kawasan industri Kota Batam.

Hal ini dibenarkan oleh Manajer Air Baku, Badan Fasilitas dan Lingkungan, Hadjad Widagdo.

Menurutnya, tidak ada fungsi lain dari waduk di Kota Batam selain sebagai penyedia air baku.

"Pembangunan waduk-waduk kita di Batam ini sifatnya single purpose, artinya tujuan utamanya hanya satu yaitu penyedia air baku saja," ujar Hadjad.

Berbeda dengan waduk di kota-kota lain seperti waduk Jatiluhur, atau waduk Cirata, yang dapat digunakan untuk PLTA, irigasi, atau tujuan pariwisata, waduk di Kota Batam tidak dirancang untuk tujuan lain tersebut.

Namun, saat ini cukup banyak aktivitas ilegal yang dikerjakan masyarakat di area sekitar waduk, seperti pemasangan bubu, keramba jaring apung, memancing, hingga membakar daerah tangkapan air untuk lahan berkebun.

Kegiatan ilegal tersebut berpotensi mencemari air waduk yang sejatinya dialirkan untuk kebutuhan masyarakat Kota Batam.

Konsekuensinya, aktivitas ini telah mencemari salah satu waduk di Kota Batam, yaitu dam Baloi, yang saat ini tidak lagi dapat digunakan.

"Waduk kita ini sebenarnya tidak punya daya dukung untuk menyediakan ikan, atau untuk pariwisata. Kegiatan itu akan mencemari air, seperti di dam Baloi yang sudah rusak itu," tambah Hadjad.

Ia juga menyayangkan masyarakat yang berkegiatan di area sekitar waduk belum memiliki kesadaran untuk menjaga aset vital milik bersama, yakni air bersih. Padahal, waduk adalah satu-satunya sumber air baku, di mana sekitar 1,3 juta penduduk Kota Batam bergantung padanya. (adv)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved