Breaking News:

Aktivitas Penumpang di Pelabuhan Internasional Batam Masih Sepi, 2 Kapal Bawa 6 Orang ke Singapura

Hal ini diakui oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Batam, Sanggam Simamora dalam agenda News Webilog episode pertama

Penulis: Ichwan Nur Fadillah | Editor: Eko Setiawan
TRIBUNBATAM/HILMI
Pelabuhan Internasional Batam Centre terlihat sepi 

TRIBUNBATAM.id, BATAM – Sejak fase 'New Normal' di Batam mulai diberlakukan, Senin (15/6/2020) lalu, aktivitas di pelabuhan domestik dan internasional masih sepi penumpang.

Hal ini diakui oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Batam, Sanggam Simamora dalam agenda News Webilog episode pertama Tribun Batam, Jumat (19/6/2020).

“Penumpang tidak sampai 50 persen. Tren menurun sangat jauh sebelum Covid-19 melanda,” katanya kepada Tribun Batam.

Bahkan, katanya lagi, 2 kapal dari Tanah Merah Singapura menuju Batam hanya membawa 6 orang penumpang. “1 kapal bawa 2 orang dan satunya lagi bawa 4 orang, untuk hari ini,” tambahnya.

Kapal keberangkatan menuju luar negeri, dalam hal ini Singapura ataupun Malaysia, menurutnya memang sudah dibuka. Namun, intensitas penumpang belum terlalu maksimal.

Salah satu sebabnya adalah masih ketatnya pengawasan di pintu masuk dua negara itu.

Sedangkan untuk kapal domestik, menurut Sanggam, penurunan jumlah penumpang juga sangat signifikan. “Tak sampai 50 persen,” ungkapnya.

Kapal domestik sendiri, lanjutnya, saat ini hanya bisa menempuh daerah Selat Panjang. Sebab, untuk Dumai dan Bengkalis, pemerintah setempat belum memperbolehkan.

“Ke Karimun, biasanya 15 kapal sehari sekarang hanya 4 kapal. Kalau dari Batam hanya ke Selat Panjang, sebab ke Bengkalis dan Dumai masih ditutup. Ini kebijakan pemerintah daerah di sana,” paparnya lagi.

Sementara itu, persyaratan untuk calon penumpang keberangkatan menuju luar negeri menurutnya lebih ketat jika dibanding dengan keberangkatan domestik.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved