SMA Kartini Terpilih Sebagai Sekolah Zonasi di Kepri

Sebagai Sekolah Zonasi, SMA Kartini Batam telah menerapkan apa saja yang menjadi tuntutan Sekolah Zonasi tersebut.

ISTIMEWA
Pada tahun 2019, SMA Kartini terpilih sebagai satu-satunya SMA swasta di Kepri yang berstatus sebagai Sekolah Zonasi, lanjutan program dua tahun sebelumnya, yaitu Sekolah Rujukan. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Pada tahun 2019, SMA Kartini terpilih sebagai satu-satunya SMA swasta di Kepri yang berstatus sebagai Sekolah Zonasi, lanjutan program dua tahun sebelumnya, yaitu Sekolah Rujukan.

Sekolah Zonasi adalah program pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan bagi sekolah-sekolah yang dianggap sudah memenuhi kriteria sebagai SMA yang akan menjadi rujukan baik dalam hal implementasi kurikulum, sekolah aman, sekolah berbasis IT,dan sekolah dengan system pendidikan yang baik.

Sebagai Sekolah Zonasi, SMA Kartini Batam telah menerapkan apa saja yang menjadi tuntutan Sekolah Zonasi tersebut.

Di antaranya, menerapkan kurikulum terbaru dengan metode-metode pembelajaran sesuai dengan materi yang diajarkan, menerapkan sekolahaman (no bullying), sekolah yang bebas dari asap rokok, sekolah berbasis keramahan lingkungan.

Juga meneapkan pembelajaran berbasis IT, implementasie-raport, membudayakan literasi sekolah, mengintegrasikan pembelajaran dengan muatan lokal Kota Batam, dan mencetak lulusan-lulusan yang mampu
bersaing secara nasional dan internasional.

SMA Kartini Batam Siap New Normal, Persiapkan Protokol Kesehatan Covid-19

Dalam hal persaingan tingkat nasional, lulusan SMA Kartini Batam sangat layak diperhitungkan. 

Seperti tahun 2019, di mana sebanyak 6 orang siswa lulus SNMPTN yang tersebar di enam Universitas favorit seperti USU, Universitas Mulawarman, Universitas Brawijaya, Universitas Udayana, Universitas Raja Ali Haji, dan Universitas Negeri Padang.

Bahkan dua di antaranya berhasil masuk Fakultas Kedokteran jurusan Pendidikan Dokter dan Kedokteran Gigi.

Sedangkan melalui SBMPTN serta jalur mandiri, lulusan SMA Kartini banyak yang masuk  berkuliah di Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Syiah Kuala, dan sebagainya.

Bukan hanya di dalam negeri, lulusan SMA Kartini Batam juga telah banyak melanjutkan pendidikan tinggi mereka ke universitas terbaik diluar negeri seperti Malaysia, Singapura, UK, Taiwan, Australia dan Jerman

Program zonasi di SMA Kartini Batam telah memberikan suasana baru dalam pembelajaran di sekolah yang selama ini monoton menjadi pembelajaran yang menyenangkan, sehingga siswa tidak merasa bosan dalam menerima pembelajaran oleh guru di kelas.

Para guru SMA Kartini Batam mengaplikasikan IT dalam pembelajaran, seperti memberikan ulangan secara online, melakukan pembelajaran dengan power point dan aplikasi-aplikasi pembelajaran lainnya. (adv)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved