ASET BP BATAM

Update Pelayanan Bandara Hang Nadim Batam Saat New Normal

Kini, Bandara Hang Nadim, Batam, kembali membuka pelayanan perjalanan udara bagi para penumpang domestik.

TribunBatam.id/Alamudin Hamapu
Kondisi terminal keberangkatan Bandara Hang Nadim Batam pada Kamis (11/6/2020) 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Masyarakat Kota Batam tak perlu risau bepergian ke luar kota di era new normal.

Kini, Bandara Hang Nadim, Batam, kembali membuka pelayanan perjalanan udara bagi para penumpang domestik.

Adapun tiga maskapai penerbangan yang saat ini sudah beroperasi adalah Garuda Indonesia, Citilink, dan Lion Group.

Tetap beroperasi di tengah pandemi, Bandara Hang Nadim, Batam, menjalankan pelayanan sesuai dengan Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2020 Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Beberapa di antara syarat-syarat tersebut adalah, penumpang pesawat wajib membawa surat bebas Covid-19, yang dapat diperoleh setelah menjalani rapid test atau PCR test di rumah sakit, klinik, atau puskesmas.

Berkas rapid test tersebut hanya berlaku selama tiga hari setelah dikeluarkan. Sedangkan hasil PCR test dapat berlaku selama tujuh hari lamanya.

Sesampainya di bandara, para penumpang akan melalui proses screening kondisi kesehatan tubuh serta berkas-berkas oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Batam.

Untuk itu, diharapkan para penumpang dapat tiba di bandara 3-4 jam sebelum keberangkatan, sebab proses pemeriksaan persyaratan membutuhkan waktu.

Saat ini, jadwal penerbangan baru dibuka untuk perjalanan domestik saja.

Namun, sesuai dengan ketentuan baru, semua orang bisa melakukan penerbangan, sejauh mempersiapkan syarat-syarat yang ditentukan.

Untuk pembelian tiket pesawat, calon penumpang dapat mengakses aplikasi maupun website maskapai, atau mengunjungi agen-agen travel terdekat.

Guna memaksimalkan pelayanan selama new normal di tengah pandemi Covid-19, Bandara Hang Nadim juga menerapkan upaya meminimalkan dampak Covid-19, seperti memasang hand sanitizer di terminal penumpang dan perkantoran.

Selain itu, alat pemindai suhu tubuh (thermoscan) juga dipasang di pintu kedatangan domestik dan internasional.

Dalam beberapa kesempatan, petugas turut mensterilkan fasilitas dan ruang bandara, dengan cara melakukan penyemprotan disinfektan di terminal penumpang, dan fasilitas umum lainnya.

Upaya selanjutnya, ialah, penerapan kebijakan work from home (WFH) secara bergilir bagi pegawai Badan Usaha Bandara Hang Nadim Batam, guna menerapkan prinsip physical distancing. (adv)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved