Jangan Pandang Enteng! Ini yang Akan Terjadi Akibat dari Kurang Tidur atau Istirahat

Ingin tubuh sehat dan bebas lemak tidak hanya cukup dengan rajin berolahraga dan mengontrol pola makan saja, tapi juga diperlukan istirahat yang cukup

Chart Attack
Ilustrasi tidur dan istrahat cukup 

TRIBUNBATAM.id - Berhati-hatilah, kurang tidur atau beristirahat bisa meningkatkan risiko penimbunan lemak.

Maka pastikan selalu menyiapkan istrahat yang cukup buat kebugaran tubuh.

Ingin tubuh sehat dan bebas lemak tidak hanya cukup dengan rajin berolahraga dan mengontrol pola makan saja, tapi juga diperlukan istirahat yang cukup.

Rendy Dijaya Muliadi dari Health and Nutrition Science Nutrifood Research Center mengatakan, kurang tidur atau beristirahat bisa meningkatkan risiko penimbunan lemak yang berujung risiko obesitas bertambah.

"Kurang tidur bisa menyebabkan risiko penimbunan lemak, berat badan meningkat, risiko obesitas bertambah. Lemak tidak hilang-hilang bisa jadi karena kurang istirahat," kata dia dalam meeting daring nutrisi class, Selasa (23/6/2020).

Itulah sebabnya seseorang yang sudah rutin berolahraga, makan sehat rendah lemak dan gula, tapi pertumbuhan ototnya tidak berkembang karena kurang tidur.

Masalah lainnya juga muncul karena tubuh tak cukup istirahat yakni gejala depresi meningkat, gangguan suasana hati dan kognitif.

Rendy menyarankan agar tidur selama 7-9 jam per malam untuk mengoptimalkan detoksifikasi tubuh, serta pertumbuhan dan penyembuhan jaringan yang rusak.

Rendy menyarankan agar tidak langsung tidur setelah berolahraga karena tubuh akan kaget dengan kondisi itu sehingga tidak baik bagi kualitas tidur dan akan terganggu.

"Beri jeda waktu tidur dan olahraga minimal sejam untuk mendapatkan kualitas tidur lebih baik," tutup Rendy.

SUBSCRIBE YOUTUBE CHANEL TRIBUN BATAM.id: 

Artikel ini telah tayang di Tribunsumsel.com dengan judul Jangan Anggap Sepele, Ini Akibat dari Kurang Tidur atau Istirahat, Obesitas hingga Depresi

Editor: Aminudin
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved