ASET BP BATAM

IPAL Membuat Anda Tidak Perlu Repot Sedot WC

Air-air limbah tersebut akan otomatis tersalurkan melalui jaringan pipa, stasiun pompa, serta bangunan waste water treatment plant (WWTP).

ISTIMEWA
Tujuan pembangunan IPAL adalah untuk mengelola limbah rumah tangga di beberapa titik wilayah Kota Batam, agar tidak mencemari kawasan waduk. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang dibangun BP Batam memiliki banyak manfaat.

Tujuan awal dibangunnya IPAL ini adalah untuk mengelola limbah rumah tangga di beberapa titik wilayah Kota Batam, agar tidak mencemari kawasan waduk.

"Sebab waduk Duriangkang apabila terus menerus dimasuki air limbah domestik, maka lambat laun, daya dukung lingkungannya akan menurun," ujar Iyus Rusmana selaku Manajer Pengolahan Air Limbah, Badan Fasling, BP Batam.

Kelak, setelah tersambung sepenuhnya dengan jalur perpipaan air limbah rumah tangga, masyarakat tidak perlu repot lagi menguras septic tank sendiri.

Air-air limbah tersebut akan otomatis tersalurkan melalui jaringan pipa, stasiun pompa, serta bangunan waste water treatment plant (WWTP) untuk langsung diolah.

Tak hanya di situ saja, pengolahan air limbah rumah tangga ini nantinya akan menghasilkan dua produk utama, yaitu pupuk kompos dan air bersih.

Dengan hasil pengolahan itu, BP Batam dapat mengembangkan IPAL sebagai salah satu sumber air bersih alternatif hasil daur ulang yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan domestik maupun industri.

Meski masih dalam proses pengembangan dan pembangunan lebih lanjut, IPAL ini diproyeksikan dapat menyalurkan air bersih ke kawasan industri di tahun 2022, dan untuk rumah tangga di tahun 2025.

Saat ini, pembangunan jaringan IPAL baru dilakukan di kawasan Batam Center saja.

Meski demikian, ke depannya IPAL direncanakan akan dibangun di 7 titik Kota Batam.

Bagi masyarakat yang rumahnya belum tersambung akses jaringan IPAL, jangan khawatir.

BP Batam juga melayani jasa sedot tinja, dan IPLT Bergerak yang dapat mengelola air limbah rumah tangga secara portabel.

Cukup dengan menghubungi nomor kontak 08117700036, jasa sedot tinja dan IPLT Bergerak BP Batam bisa langsung datang ke rumah. (adv)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved