Jaga Ketahanan Pangan, Presiden Jokowi Beri Tugas Tambahan Menhan Prabowo Subianto

Dalam pemberian tugas tambahan tersebut, Presiden Jokowi mengingatkan soal ketahanan pangan di tengah Pandemi Covid-19 dan musim kemarau.

(KOMPAS/WISNU WIDIANTORO)
ILUSTRASI / Presiden Joko Widodo mengungkapkan kemarahannya saat menjawab pertanyaan wartawan terkait pencatutan nama Presiden dalam permintaan saham Freeport di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (7/12/2015). 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA  - Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto mendapat tugas tambahan dari Presiden Jokowi terkait ketahanan pangan nasional.

Presiden secara khusus memberi arahan kepada tiga menterinya bersinergi dalam menjaga ketahanan pangan nasional. 

Ketiga Menteri tersebut yakni Menteru PUPR, Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Dalam pemberian tugas tambahan tersebut, Presiden Jokowi mengingatkan soal ketahanan pangan di tengah Pandemi Covid-19 dan musim kemarau.

Ketiga menteri yang ditunjuk Jokowi, diminta untuk membangun food estate  yang akan menjadi sentra baru ketahanan pangan nasional di Kalimantan Tengah. 

Follow Juga:

Basuki mengatakan pihaknya akan bersinergi dengan Kementerian BUMN dan Kementerian Pertahanan sesuai dengan amanat presiden.

Salah satunya dengan merancang rehabilitasi jaringan irigasi. 

Prediksi Barcelona vs Atletico Madrid Pekan 33 Liga Spanyol, Laga Sulit Blaugrana Kejar Real Madrid

Istri ke 3 Tak Mau Kasih Jatah, Pria Ini Tega Cabuli Anak Tirinya Hingga 8 Kali

Pria Ini Tusuk Leher Tetangga, Pelaku Marah Karena Korban Tak Mau Kasih Uang Untuk Mabuk

"Tahun ini PUPR mendesain rehabilitasi jaringan irigasinya. 165 ribu hektare itu tahun depan kita mulai dengan menggerakkan BUMN. Menhan juga termasuk untuk bisa ikut karena menurut beliau, ini adalah program ketahanan non-militer," kata Basuki, Senin, (29/6/2020).

Senada dengan Basuki, Menteri BUMN Erick Thohir mengaku telah menyiapkan sejumlah rencana yang akan melibatkan seluruh instansi terkait sesuai dengan arahan presiden. 

Menurutnya, pemerintah dalam hal ini presiden telah menyiapkan sejumlah rencana taktis dan strategis agar food estate di Kalimantan Tengah bisa segera rampung.

"Kami optimistis dengan sinergi yang melibatkan seluruh instansi untuk membangun food estate akan memiliki kontribusi besar dalam menciptakan ketahanan pangan. Dan ketahanan pangan adalah salah satu hal paling penting yang terkait langsung ketahanan dan kedaulatan negara," ujar Erick. 

Erick menegaskan, sejak awal pemerintah berikhtiar agar bangsa ini memiliki kedaulatan pangan.

Halaman
12
Editor: Danang Setiawan
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved