BATAM TERKINI

Bright PLN Batam Bagikan Tips Agar Pembayaran Listrik Lebih Hemat 

GM UBS bright PLN Batam Fransis Al Zauhari Selasa (30/6/2020) mengatakan, salah satu faktor membengkak pembayaran karena pola perilaku pelanggan.

TribunBatam.id/Istimewa.Dokumentasi bright PLN Batam
Karyawan menjelaskan layanan bright PLN Batam kepada konsumen. Manajemen bright PLN Batam memberi penjelasan terkait keluhan warga soal lonjakan tagihan listrik. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Bulan lalu, pelanggan bright PLN Batam mengeluhkan lonjakan pembayaran yang naik bahkan ada yang melonjak hingga 200 persen dari pembayaran bulan-bulan sebelumnya.

Hal ini tidak saja hanya di Batam, namun nyaris menyeluruh pelanggan PLN Indonesia.

General Manager Unit Business Services (GM UBS) bright PLN Batam Fransis Al Zauhari Selasa (30/6/2020) mengatakan, salah satu faktor membengkak pembayaran karena pola perilaku pelanggan.

"Bulan lalu itu kan sedang digalakkan WFH (work from home,red), ibu-ibu mungkin masak kue pakai alat elektronik, atau AC yang nyala terus 24 jam dan kegiatan lain. Nah ini salah satu penyebab kenaikan pembayaran listrik," katanya.

Namun, menurut Fransis, ada beberapa tips yang dapat dilakukan di rumah agar pembayaran tagihan listrik PLN tidak membengkak.

Yakni, saat menyetrika pakaian usahakan jangan satu-satu setiap hari. Tapi, usahakan seluruh pakaian yang memang waktunya disetrika.

Guardian Beri Promo Super Hemat, Cukup Tambah Rp 1.000 Dapat Dua Pcs Produk Sama

"Karena kenapa, kalau satu-satu pasti energi yang dibutuhkan besar. Untuk memanaskan listrik sangat besar energi yang dibutuhkan. Bayangkan kalau menyetrika pakaian satu setiap pergi kerja misalnya. Pasti beda halnya, jika menyetrika sekaligus. Karena setrika sudah kian panas. Sehingga, daya atau energi listrik saat tarikan pertama kecil. Ini tips sederhana," jelas Fransis.

Selain itu, penggunaan lemari es (kulkas). Manfaat kulkas adalah untuk mendinginkan makanan.

Ia mengatakan, pemilik kulkas agar memilih makanan dan minuman yang dimasukan.

Kalau semua dimasukkan maka besar pula energi yang dibutuhkan.

"Karena semakin banyak isi kulkas, maka daya atau energi listrik yang dibutuhkan semakin besar pula. Nah, di sini juga listrik boros," ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, adalah kebiasaan lama.

Yakni, bijak menghidupkan lampu atau menggunakan listrik seperlunya.

Ia misalkan, saat pagi hari sudah jam enam pagi. Seharusnya seluruh lampu yang hidup baiknya dipadamkan.

"Jangan baru padamkan sampai jam delapan pagi misalnya. Atau saat hendak ke kantor. Nah, budaya begini kadang sering kita lakukan. Mungkin lupa. Untuk itu, bijaklah menggunakan energi listrik di rumah," ujarnya. (Tribunbatam.id/Leo Halawa)

Penulis: Leo Halawa
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved