TRIBUN WIKI

DERETAN 9 Jenis Tanaman Herbal Cocok Obati Batuk Secara Alami

Batuk bisa diatasi dengan tanaman herbal yang mudah diolah di rumah. Menggunakan tanaman herbal juga menghindarkan tubuh dari bahan-bahan kimia.

nakita
Perawatan rumahan ini bisa menyembuhkan batuk dengan cepat 

TRIBUNBATAM.id - Batuk adalah penyakit yang kerap dialami oleh masyarakat. Apalagi, saat kondisi tubuh seseorang sedang lemah biasanya akan mudah terserang penyakit.

Penyakit ini umumnya disebabkan oleh alergi, infeksi virus atau bakteri, hingga asam lambung.

Batuk juga bisa menjadi gejala penyerta dari penyakit tertentu seperti flu.

Batuk dibedakan menjadi 2, yakni batuk kering dan batuk berdahak.

Beberapa orang memerlukan obat batuk untuk mengurangi rasa gatal pada tenggorokan dan menyembuhkan gejala penyakit tersebut.

Namun, apabila obat kimia di apotek habis atau ingin mencoba alternatif lain, para penderita sebenarnya bisa menggunakan tanaman herbal untuk mengobati batuk yang dialami.

Melansir berbagai sumber, berikuti ini adalah beberapa pilihan tanaman herbal yang bisa digunakan sebagai obat batuk alami:

DAFTAR Riwayat Kontak 7 Pasien Covid-19 Batam, 6 Pasien Tahu Terinfeksi Corona saat Swab Tes Mandiri

1. Jeruk nipis

Melansir Buku Tumbuhan Obat & Khasiratnya Seri 1 (2014) oleh Drs. H. Arief Hariana, beberapa bahan kimia yang terkandung dalam jeruk nipis, di antaranya asam sitrat sebanyak 7-7,6 persen, damar lemak, mineral, vitamin B1, sitral limonene, fellandren, lemon kamfer, geranil asetat, cadinen, dan linelin asetat.

Selain itu, jeruk nipis juga bisa mengandung vitamin C sebanyak 27 mg/100 g jeruk, kalsium sebanyak 40 mg/100 g jeruk, dan fosfor sebantak 22 mg.

Halaman
1234
Penulis: Widi Wahyuning Tyas
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved