Breaking News:

VIRUS CORONA

Wacana Pasien Corona Surabaya Ditampung di Batam, Kepala RSKI Covid-19: Masih Dibahas Teknisnya

Kepala RSKI Covid-19 Galang, Kolonel dr Khairul Ihsan Nasution membenarkan ada wacana penanganan pasien Covid-19 asal Surabaya di RSKI Galang

PUSPEN TNI
Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis., M.Si. meninjau Rumah Sakit Khusus Infeksi Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (12/6/2020). Ada wacana rumah sakit ini akan menampung pasien Corona dari zona merah dan hitam di Indonesia 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Lonjakan pasien positif Covid-19 di Surabaya terus meningkat. Bahkan angka positif Covid-19 di daerah tersebut sudah melebihi DKI Jakarta yang beberapa waktu lalu merupakan kasus tertinggi di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan untuk mengurangi beban rumah sakit rujukan di Surabaya akibat lonjakan pasien positif Covid-19, pihaknya akan mengoptimalkan pengoperasian Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Covid-19 di Pulau Galang Provinsi Kepri.

Wacana penanganan pasien Covid-19 asal Surabaya di RSKI Galang ini dibenarkan Kepala RSKI Covid-19 Galang, Kolonel dr Khairul Ihsan Nasution.

"Betul ada wacana seperti itu," ujarnya kepada Tribun Batam saat dihubungi pada Kamis (2/7/2020).

Khairul mengatakan, untuk teknis perawatan serta pemindahan pasien positif Covid-19 dari Surabaya saat ini masih dilakukan pembahasan.

Konflik dengan 1 Hotel di Batam, Wahyu Ngaku Tak Bisa Tidur, Terbayang Didatangi Polisi Bersenjata

Dua Kasus Ini Jadi Fokus Satreskrim Polres Tanjungpinang, Buat Korban Merugi Setengah Miliar Rupiah

"Pemerintah masih membahas teknisnya seperti apa, baik transportasi melalui laut, udara atau seperti apa, karena melihat kesiapan keluarga juga seperti apa," ujarnya.

Khairul mengatakan, untuk kepastian pemindahan perawatan pasien positif dari Surabaya nanti akan dijelaskan dirinya lebih lanjut.

"Jika ada perkembangan maka saya akan kabari kembali," ujarnya.

Sekadar informasi, RSKI Covid-19 Pulau Galang di Batam memiliki 360 ruang rawat dengan 240 ruangan untuk orang dalam pemantauan (ODP), 100 ruangan untuk pasien dalam pengawasan (PDP) dan 20 ruangan isolasi bertekanan negatif.

Tampung Pasien Corona

Demi mengurangi beban rumah sakit, pemerintah akan mengoptimalkan Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) yang berada di Pulau Galang, Batam.

Halaman
123
Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved