Breaking News:

BATAM TERKINI

Pabrik Plastik Jadi Klaster Baru di Batam Dua Hari Pasien Covid-19 Tambah 9 Orang

Pabrik plastik di Kawasan Industri Kabil menjadi klaster baru penularan Covid-19 di Kota Batam. Penularan bermula dari kasus nomor 204.

ist
Peta sebaran jumlah pasien yang sembuh per kecamatan di Batam, Senin (29/6/2020) 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Pabrik plastik di Kawasan Industri Kabil menjadi klaster baru penularan Covid-19 di Kota Batam. Penularan bermula dari kasus nomor 204. Pasien tak lain adalah bos pabrik plastik Kabil.

Setelah dilakukan tracing oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, beberapa pekerja di pabrik ikut dinyatakan positif.

Diduga, sempat terjadi kontak langsung antara karyawan dengan pasien nomor 204. Penularan tak berhenti di situ. Beberapa orang terdekat para karyawan pun ikut terkonfirmasi positif Covid-19.

Menanggapi ini, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan, potensi meledaknya klaster pabrik plastik Kabil cenderung kecil walau segala kemungkinan dapat terjadi.

“Sepertinya tidak (meledak). Kalau nambah paling satu atau dua kasus,” jelas Didi kepada Tribun Batam, Kamis (2/7/2020).

Walau demikian, lanjutnya, tracing terhadap klaster akan terus dilakukan. Bahkan, Didi menuturkan, bisa saja klaster pabrik plastik Kabil kembali menyumbang pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Batam hari ini.

Kabar Baik, 10 Pasien Corona di Batam Dinyatakan Sembuh, 1 di Antaranya Jalani 8 Kali Tes Swab

Sementara itu, untuk angka reproduksi efektif (Rt) Covid-19 di Batam, Didi belum bisa menyampaikannya secara rinci. Sebab, dia belum mendapat laporan dari petugas berwenang.

Sebelum memasuki fase ‘New Normal’ 15 Juni 2020 lalu, Rt di Batam sendiri mencapai 1,23. Jika merujuk data kesehatan, angka ini belum laik untuk diterapkannya fase ‘New Normal’ di satu daerah.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan ada 5 kasus baru. 2 orang masuk klaster pabrik plastik di Kabil. Melihat potensi penularan di pabrik plastik tersebut, Didi menuturkan, kemungkinan meledaknya cukup kecil.

Nadiem Makarim Sebut Pendidikan Jarak Jauh Bisa Permanen, Tsamara Amany Singgung Kuota Internet

“Kalau nambah paling 1 atau 2 kasus,” tambahnya.
Dari penambahan ini, jumlah kumulatif pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Batam menjadi 234 orang. Sebanyak 12 orang meninggal dunia dan 189 dinyatakan sembuh.

Halaman
123
Penulis: Ichwan Nur Fadillah
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved