VIRUS CORONA DI BATAM

Kasus Corona di Batam Tambah Lagi, Satu Keluarga dengan Empat Pasien Covid-19 Klaster Pabrik Plastik

Yang bersangkutan merupakan satu keluarga inti dari terkonfirmasi kasus nomor 215, 229, 234 dan 237

TRIBUNBATAM.id/son
ilustrasi. Update Covid-19 ( coronavirus desease ). Pasien positif Covid-19 di Batam, Sabtu (4/7/2020) bertambah satu. Total sudah 237 kasus positif 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Tim Gugus Tugas Covid-19 Batam merilis data perkembangan kasus Corona di Batam, Sabtu (4/7/2020).

Berdasarkan rilis itu, ada penambahan satu kasus positif Covid-19. Pasien berjenis kelamin laki-laki.

Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam berdasarkan hasil temuan dari contact tracing terhadap kasus sebelumnya di Kota Batam.

Berikut riwayat perjalanannya;

1. Pasien 239

Seorang laki-laki berinisial “Tn.S” usia 25 tahun, karyawan perusahaan perpipaan di Kawasan Industri Kabil/Jabi.

Cerita Lucu PPDB SMA di Batam, Dari Salah Upload KK Diganti Foto Selfie Hingga Panggilan Diputus

Empat Pegawai Hotel di Karimun Negatif Covid-19, Pernah Kontak dengan Pasien 06

Beralamat di Kecamatan Nongsa Kota Batam, dan merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 237.

Yang bersangkutan merupakan satu keluarga inti dari terkonfirmasi kasus nomor 215, 229, 234 dan 237, yang berkaitan dengan erat dengan terkonfirmasi positif nomor 204 yang merupakan kasus pertama yang ditemukan dari “Klaster PT. FCS Kabil”.

Sehubungan tindaklanjut contact tracing yang terus dilakukan oleh tim surveillance terhadap Klaster ini maka terhadap yang bersangkutan dilakukan pemeriksaan RDT pada tanggal 30 Juni 2020 dengan hasil “IgG Reaktif”.

Sesuai hasil pemeriksaan RDT tersebut maka yang bersangkutan dievakuasi ke RSKI Covid-19 Galang guna menjalankan isolasi/karantina, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti.

Saat ini yang bersangkutan sudah dalam masa perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

"Sesuai dengan hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan hingga saat ini terhadap seluruh klaster terkonfirmasi positif Covid-19 di Batam, diperoleh kesimpulan sementara masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai klaster yang ada ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor," kata Ketua Gugus Tugas Covid-19 Batam, HM Rudi.

Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan imbauan dari Pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus penyakit Covid-19.

(*/TRIBUNBATAM.id/Rebekha Ashari Diana Putri)

Penulis: Rebekha Ashari Diana Putri
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved