Breaking News:

BATAM TERKINI

Penertiban Area Lego Jangkar Kepri, Direktur Pelabuhan BP Batam Sebut Cegah Potensial Lost

Menurutnya, penertiban sendiri dapat menanggulangi potensial lost (potensi kerugian) kapal-kapal asing bersandar ilegal di perairan Kepri.

Penulis: Ichwan Nur Fadillah | Editor: Dewi Haryati
RACHTA YAHYA 1
ilustrasi labuh jangkar. Rencana pemerintah menertibkan area lego jangkar di Kepri disambut positif sejumlah pihak, termasuk BP Batam 

TRIBUNBATAM.id, BATAM – Kebijakan pemerintah terkait penertiban area lego jangkar di Kepri disambut hangat oleh beberapa pihak.

Selain Guskamla Koarmada I, Direktur Badan Usaha Pelabuhan Badan Pengusahaan (BP) Batam, Nelson Idris ikut menyikapi dampak kebijakan ini.

Menurutnya, penertiban sendiri dapat menanggulangi potensial lost (potensi kerugian) kapal-kapal asing bersandar ilegal di perairan Kepri.

“Penertiban ini akan membantu potensial lost bisa kita dapatkan,” terang Nelson kepada Tribun Batam usai pertemuan dengan Guskamla Koarmada I, Senin (6/7/2020).

Selain itu, dengan penertiban area menjadi 3 titik lego jangkar, hal ini juga memudahkan pengawasan dari instansi terkait terhadap lalu-lintas kapal asing yang tak memiliki izin sandar resmi.

Berhasil Lawan Covid-19, Simak Pengalaman Eks Pasien di News Webilog Tribun Batam Selasa (7/7)

Positif Corona, 32 Pasien Masih Dirawat di Rumah Sakit Batam, Belakangpadang Tak Lagi Hijau

Apalagi, diakuinya, masih banyak ditemukan kapal yang berlabuh tidak pada tempatnya.

“Ini tidak bisa terdeteksi, apakah kapal sudah mendaftar atau belum. Dengan adanya penertiban area ini, tentu akan mudah untuk mengontrolnya,” tambah Nelson.

Mengenai potensial lost selama ini, Nelson tak ingin terlalu berkomentar. Menurutnya, hal itu belum dapat diprediksi.

Mengingat, kebijakan penertiban baru akan dilaksanakan mulai hari ini.
“Setelah dilakukan patroli nanti pada area yang telah ditentukan, baru akan tahu prediksinya. Nanti kita ketemu lagi 15 hari setelah ini,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, pemerintah akan meringkaskan jumlah titik lego jangkar di Kepri yang semula jumlahnya 18 titik nantinya akan berubah menjadi 3 (tiga) titik saja.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved