Breaking News:

LINGGA! Pekan Depan 2 Ribu Personel TNI, 24 KRI dan 10 Pesawat AL Latihan Tempur

Adapun latihan tersebut akan melibatkan sekitar 2.000 personel TNI AL, 24 KRI (kapal perang), 10 pesawat udara TNI AL dan 18 kendaraan tempur lengkap

Kolase Tribun Manado/IST
Ilustrasi Kopaska 

TRIBUNBATAM.id, LINGGA - Ribuan personel TNI Angkatan Laut (AL) akan memadati Pantai Todak, Desa Batu Berdaun, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu (18/07/2020).

Kehadiran prajurit TNI AL di bawah Komando Armada (Koarmada) I dalam rangka menggelar latihan rutin.

Adapun latihan tersebut akan melibatkan sekitar 2.000 personel TNI AL, 24 KRI (kapal perang), 10 pesawat udara TNI AL dan 18 kendaraan tempur lengkap dengan persenjataan artileri.

Ternyata Bukan Kita Saja, Prajurit TNI Juga Kerap Merindukan Makanan Satu Ini saat Latihan Tempur

"Latihan terpadu ini akan melibatkan unsur Koarmada I, Kolinlamil, Marinir dan Puspenerbal dengan materi dan tahapan secara full mission profile," ujar Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono dalam keterangan tertulis, Selasa (07/07/2020).

KAL Pelawan saat bersandar di dermaga Lanal TBK, Kamis (18/6/2020). Pangkalan TNI AL Tanjungbalai Karimun (Lanal TBK) mendapat tambahan satu unit kapal untuk pengamanan laut
KAL Pelawan saat bersandar di dermaga Lanal TBK, Kamis (18/06/2020). Pangkalan TNI AL Tanjungbalai Karimun (Lanal TBK) mendapat tambahan satu unit kapal untuk pengamanan laut (TRIBUNBATAM.ID/ELHADIF PUTRA)

Latihan tersebut nantinya diawali dengan manuver dari Laut Jawa menuju perairan Kepulauan Lingga.

Kemudian pendaratan amfibi di Pantai Todak, Desa Batu Berdaun, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

Latihan yang akan dilaksanakan yaitu pertempuran laut dengan beberapa doktrin peperangan.

Libatkan 5 KRI, Koarmabar Gelar Latihan Tempur di Laut Natuna Utara! Ini Tujuannya

Misalnya, peperangan antiudara, peperangan antikapal selam, peperangan kapal permukaan, operasi pasukan khusus dan pendaratan amfibi di daerah latihan TNI AL.

Heri menjelaskan, Koarmada I sebagai komando utama operasi dan pembinaan TNI AL memiliki tugas menyelenggarakan operasi laut.

Selain itu, Koarmada I juga memiliki tugas melaksanakan pembinaan kekuatan dan kemampuan tempur dari setiap elemen dalam Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT).

Usai Latihan Tempur, Koarmabar Bagi-bagi Sembako dan Barsihkan Kampung Nelayan

Menurut Heri, latihan tersebut dapat memberi gambaran dengan pengembangan taktik, teknik dan prosedur berbagai kemampuan tempur pada level operasional seperti di medan pertempuran.

Kopaska (Komandan Pasukan Katak) TNI AL
Kopaska (Komandan Pasukan Katak) TNI AL (Tribunnews)

Dia menyatakan, latihan tersebut bertujuan untuk mewujudkan, mempertahankan dan meningkatkan keterampilan perorangan maupun kelompok.

VIDEO. Begini Aksi Para Gubernur Latihan Tempur di Tanjungdatuk, Natuna.

"Yang pada gilirannya akan meningkatkan kemantapan komando dan pengendalian operasi, dukungan operasi dan pemantapan penguasaan doktrin, taktik, teknis dan prosedur secara tepat," kata Heri.

Pernah Berlatih di Natuna

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved