Breaking News:

Instagram Punya 2 Fitur Baru untuk Cegah Bullying dan Bantu Olshop Jualan

Instagram merupakan sosial media yang terus mengeluarkan fitur baru terkait dukungan yang ada di masalah sosial.

pixabay.com
Instagram 

TRIBUNBATAM.id - Instagram merupakan sosial media yang terus mengeluarkan fitur baru terkait dukungan yang ada di masalah sosial.

Sekitar sebulan yang lalu (19/5), Instagram hadirkan fitur untuk mencegah komentar negatif atau bullying.

Fitur tersebut ada tentang Well-Guides, Tag and Mention Controls, dan Comment Controls.

Dari ketiga fitur tersebut ada satu lagi fitur yang kemarin (7/7) baru diluncurkan yaitu Pinned Comments.

Dengan adanya Pinned Comments atau komentar yang ditandai ini, pengguna bisa fokus hanya ke satu komentar yang ada pada postingannya.

 
Tandai komentar favorit, fitur baru di Instagram.

Instagram dalam inovasi ini bertujuan untuk pengguna yang sering mendapat komentar jahat, agar komentar yang positif bisa dibaca pada bagian atas tanpa harus melihat komentar lainnya.

Fitur ini hanya bisa digunakan oleh pengguna pada postingannya sendiri bukan pada postingan orang lain.

Setelah menghadirkan fitur Pinned Comments, Instagram juga memiliki inovasi baru untuk membantu olshop atau Online Shop.

Nama fiturnya ialah Shop Tab yang dimana dijadikan menu tersendiri di aplikasi Instagram.

Kemarin, fitur ini juga baru diuji coba ke sebagian kecil global dan pertama kali diumumkan pada bulan Mei.

Dalam menu tersendiri, pengguna bisa menyaring produk berdasarkan kategori, melalui pengalaman toko yang ada di Instagram Explore.

Instagram sebelumnya pada Mei juga berencana hadirkan tata letak desain yang berbeda pada menu Shop yang terdapat pada Explore, yang saat ini tidak lanjut diuji cobakan.

Perbedaan utama adanya Shop Tab ini ialah menggantikan ikon hati atau yang berguna untuk melihat aktivitas pada aplikasi Instagram.

Namun, bukan berarti pengguna tidak bisa melihat aktivitas dalam akunnya kembali, melainkan ikon tersebut berpindah tempat ke sebelah ikon pesawat atau DM.

Pengguna juga bisa melihat aktivitas ketika mengklik akun profile dan ada ikon hati halaman tersebut.

Dalam Shop Tab, pengguna dapat memfilter merek atau barang yang mereka ingin cari seperti kecantikan atau pakaian dan aksesoris.

Selain itu, tidak semua produk yang dipamerkan dalam versi Shop ini memungkinkan pengguna untuk memeriksa langsung dari keranjang universal Instagram.

Sebaliknya, beberapa merek memiliki item yang ditandai untuk belanja, tetapi mengarahkan pengguna ke situs web mereka sendiri untuk menyelesaikan transaksi.

Bila Instagram menghadirkan fitur Checkout akan besar kemungkinannya penjualan toko akan memakai harga yang kecil atau sedikit daripada sebelumnya.

Opsi Shop atau belanja ini diletakkan di layar dengan gambar yang lebih besar di bagian atas layar, diikuti oleh deretan merek yang dapat digulir, dan kemudian konten yang dipersonalisasi di bawah ini di bagian "Disarankan Untuk Anda".

 
fitur belanja Instagram

Melansir Tech Crunch, fitur Shop Tab akan tiba di akhir tahun namun tanggal pastinya belum diketahui.

Saat ini Shop Tab sedang diuji coba di Amerika Serikat dan Instagram mengatakan akan menggunakan hasil tes ini untuk menentukan bagaimana akan meluncurkan Shop lebih jauh.

(*)

Editor: Rio Batubara
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved