Breaking News:

BATAM TERKINI

1,1 Juta Penduduk Batam Belum Disensus, Mulai September Petugas Bakal Terjun ke Lapangan

Ada dua hal yang dicapai dalam sensus penduduk kali ini, yaitu jumlah penduduk secara de facto berdasarkan domisili serta berdasarkan administrasi.

bps.go.id
Sensus Penduduk 2020, Kepala BPS Batam, Rahmad Iswanto, mengapresiasi masyarakat Kota Batam yang telah berpartisipasi dalam sensus penduduk online. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Kepala BPS Batam, Rahmad Iswanto, mengapresiasi masyarakat Kota Batam yang telah berpartisipasi dalam sensus penduduk online.

Sebanyak 286 ribu penduduk telah mencatatkan namanya dalam sensus penduduk secara daring tersebut, dari sekitar 1,3 juta jiwa penduduk Kota Batam.

"Dibandingkan jumlah penduduk Kota Batam di kisaran 1,3 juta, yang beri respon pada sensus penduduk online mencapai 17,5 persen. Ini melebihi target awal kita, yaitu 15 persen," ujar Rahmad.

Setelah ini, BPS Batam masih memikul tugas pencatatan 1,1 juta penduduk lagi.

Maka itu, kembali diterapkan sensus penduduk secara manual yang rencananya pada tanggal 1 sampai 30 September 2020.

Menurutnya, akan ada dua hal yang dicapai dalam sensus penduduk kali ini, yaitu jumlah penduduk secara de facto berdasarkan domisili, serta jumlah penduduk de jure berdasarkan administrasi.

DIDUGA tak Miliki Sertifikasi, Ribuan Handphone Black Market di Batam Diamankan Polda Kepri

"Administrasi ini akan disinkronkan konsep definisinya dengan konsep Disdukcapil, sehingga tidak ada dua sumber data berbeda yaitu BPS dan Disdukcapil, melainkan satu pintu saja," tambah Rahmad.

Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad, yang turut hadir dalam Rapat Koordinasi Sensus Penduduk September 2020, di Kantor Walikota Batam, Jumat (10/7/2020), juga menekankan, agar proses sensus penduduk ini dilakukan seakurat dan seobjektif mungkin.

"Tidak ada alasan sensus penduduk tidak sukses. Sebab era sekarang ini, data sering menjadi dasar untuk membuat kebijakan di daerah," tegas Amsakar.

Agar terwujudnya sumber data kependudukan yang akurat satu pintu, Amsakar meminta seluruh komponen perangkat daerah sama-sama membantu berjalannya kegiatan tersebut.

"Saya minta camat dan lurah beri dukungan untuk sensus penduduk, seperti tahap awal, melakukan sosialisasi ke RT dan RW. Masyarakat juga bisa bekerjasama dengan meluangkan sedikit waktunya menyampaikan informasi yang benar kepada petugas sensus," imbau Amsakar. ( TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved