Breaking News:

Lihat Kekompakan Jokowi dan Prabowo Saat Kunjungi Lokasi Pengembangan Lumbung Pangan Nasional

Kepala Negara menyebut, Prabowo selaku leading sector akan didukung oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo serta Menteri Pekerjaan Umum dan Peruma

Editor: Eko Setiawan
Kompas.com
Potret Kekompakan Prabowo dan Jokowi saat meninjau Lumbung Pangan Nasional 

TRIBUNBATAM.id - Kekompakan Presiden Joko Widodo dengan Menteri pertahanan Prabowo Subianto saat meninjau perkembangan lumbung pangan nasional.

Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk menjadi leading sector pengembangan lumbung pangan nasional.

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi setelah meninjau lokasi pengembangan lumbung pangan nasional di Kalimantan Tengah bersama Prabowo, Kamis (9/7/2020).

KEK di Batam, Total Investasi Nongsa Digital Park dan MRO Batam Aero Technic Rp 22 Triliun

Sepasang Pria Homo Berbadan Kekar Tertangkap Basah Saat Berhubungan Intim di Tempat Ibadah

36 Pasang ABG Terjaring Razia di Kamar Hotel, Ada 1 Kamar Diisi 1 Wanita dan 6 Pria

"Karena ini menyangkut cadangan strategis pangan kita, leading sector-nya akan kita berikan ke Pak Menhan," kata Jokowi seperti dikutip dari siaran pers resmi Istana, Kamis malam.

Kepala Negara menyebut, Prabowo selaku leading sector akan didukung oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

"Tentu saja di daerah kita harapkan ada dukungan dari gubernur dan para bupati," sambung Kepala Negara.

Ada dua lokasi pengembangan lumbung pangan nasional di Kalimantan Tengah yang ditinjau langsung oleh Presiden Jokowi.

Pertama, di Kabupaten Kapuas yang direncanakan menempati lahan potensial seluas 20.704 hektar.

Punya Riwayat ke Kongo, 1 Warga Tanjungpinang Positif Covid-19, Pulang ke Daerah Naik Garuda

Tak Dilayani, Ibu Melahirkan Senidiri di Depan Rumah Bidan, Kini Izin Praktik Bidan Dicabut

Syuting Video TikTok Pinggir Pantai, Sejumlah Remaja Temukan Koper Berisi Mayat Manusia

Dari jumlah tersebut, lahan yang telah fungsional mencapai 5.840 hektar. Kedua, di Kabupaten Pulang Pisau seluas 10.000 hektare lahan potensial.

Presiden Jokowi mengatakan, untuk tahun ini setidaknya akan diselesaikan terlebih dahulu lahan seluas 30.000 hektare dan akan meningkat hingga dua tahun ke depan.

"Dalam 1,5 sampai maksimal dua tahun akan ditambah lagi 148.000 hektare baik itu di Kabupaten Pulang Pisau maupun Kapuas," tutur dia.

Presiden Jokowi berharap, pengembangan lumbung pangan baru di luar Pulau Jawa ini bisa menjadi sumber cadangan logistik nasional untuk mencegah kekurangan pasokan pangan dalam negeri.

Cadangan logistik itu juga digunakan untuk mengantisipasi krisis pangan sebagaimana yang diperingatkan oleh Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO).

"Saya kira kita tahu semuanya, FAO sudah mengeluarkan peringatan bahwa krisis pangan akan melanda dunia, karena pandemi juga karena memang adanya musim yang tidak bisa diatur dan diprediksi," kata Presiden Jokowi.

Selain Prabowo, turut hadir dalam peninjauan tersebut, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Didampingi Prabowo, Jokowi Tinjau Lumbung Pangan di Kalimantan Tengah"

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved