Breaking News:

Peran Penting Manajemen Risiko Diri dan Kecerdasan Adversity Dalam Kehidupan New Normal

Kurang lebih sudah empat bulan sejak bulan Maret 2020 kita menjalani kehidupan dengan kebiasaan baru yang selama ini tak pernah kita alami sebelumnya

ist
Dr. Sarmini, S.Pd.,MM.Pd 

TRIBUNBATAM.id - Kurang lebih sudah empat bulan sejak bulan Maret 2020 kita menjalani kehidupan dengan kebiasaan baru yang selama ini tak pernah kita alami sebelumnya.

Masa pandemi covid-19 ini benar-benar memberi banyak pelajaran hidup pada kita semua, masyarakat dunia.

Segala yang kita lakukan mulai dari belajar, bekerja, beribadah, berolah raga hingga kegiatan berjualan atau yang lainnya kita lakukan dari rumah. Semua sector kehidupan juga terasa terseok-seok akibat wabah korona ini.

Aktifitas harus tetap kita lakukan, karena tak mungkin kita akan berpangkutangan sambil menunggu virus corona akan pergi begitu saja. Pastinya kita harus tetap terus melakukan kegiatan sesuai peran masing-masing.

Yang pendidik juga harus tetap mengajar walau dengan Daring, yang pedagang harus tetap menjual produknya, yang pengusaha harus tetap mengoperasionalkan perusahaan atau usahanya walaupun dari rumah, yang seniman juga harus tetap produktif dengan karya-karyanya dan dipamerkan atau divisualisasikan secara virtual.

Intinya adalah keluarga harus tetap kita pikirkan, agar tetap terpenuhi kebutuhannya. Karena waktu terus berjalan dan kebutuhan harus tetap kita penuhi. Daya juang kita diuji, seberapa kuat kita melawan kondisi ini. Tetapi jangan lupa untuk terus mengantisipasi dan menerapakan manajemen risiko diri sebagai langkah preventif, meniminalisir risiko yang tidak kita kehendaki dalam setiap aktifitas kita.

Berbicara manajemen risiko, menurut Darmawi (2014) manajemen risiko adalah suatu usaha untuk mengetahui, menganalisis serta mengendalikan risiko dalam setiap kegiatan perusahaan dengan tujuan untuk memperoleh efektifitas dan efisiensi yang lebih tinggi.

Sedangkan menurut Fahmi (2020) manajemen risiko adalah satu disiplin ilmu yang mempelajari tentang tindakan-tindakan organisasi dalam mengatasi masalah berbasis manajemen yang sistematis dan menyeluruh.

Tetapi yang kita terapkan adalah memanajemen risiko diri bukan dalam ruang lingkup perusahaan tetapi sebagai personal/individu. Kita terkadang tidak menyadari bahwa apa yang kita lakukan sudah menerapkan manajemen risiko diri dengan tujuan meminimalisir risiko yang akan terjadi, dimana risiko tersebut sebenarnya tidak kita inginkan terjadi. Maka kita akan melakukan tindakan-tindakan pencegahan sebelum hal buruk terjadi.

Apa itu kecerdasan Adversity? atau seberapa besar daya daya juang kita? Seberapa kuat daya ketahanmalangan kita? Seperti kita ketahui masa pandemi covid-19 ini semua sector terkena dampaknya. Bagaimana sikap kita? Apakah kita menyerah, panik, berputus asa, tidak bersemangat ataukah kita bangkit dengan segenap kekuatan kita agar tetap dapat beraktifitas dan berperan maksimal dalam mengatasi masalah ini? Lalu apa itu kecerdasan Adversity? Mengapa penting kita sandingkan dengan memanajemen risiko diri dalam mengatasi masa pandemi ini?

Halaman
123
Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved