Breaking News:

ASET BP BATAM

PROFIL Bandara Hang Nadim Batam

Luas area lahan bandara akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas industri, e-commerce, telekomunikasi, logistik, hotel, retailer dan lainnya.

ISTIMEWA
Sebagai salah satu Bandara Kelas Utama di Indonesia, Bandara Hang Nadim memiliki berbagai fasilitas penunjang lainnya, seperti gedung terminal penumpang 30.000 m², terminal kargo 1.685 m², dan public gardening 236,624 m². 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Bandar Udara Hang Nadim Batam merupakan salah satu Bandara Kelas Utama di Indonesia.

Bandara tersebut didirikan di atas lahan seluas kurang lebih 1762 hektare, yang terletak di 17 km sebelah timur Pusat Kota Batam.

Sebagai salah satu Bandara Kelas Utama di Indonesia, Bandara Hang Nadim memiliki berbagai fasilitas penunjang lainnya, seperti gedung terminal penumpang 30.000 m², terminal kargo 1.685 m², dan public gardening 236,624 m².

Luas area lahan bandara akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas industri, e-commerce, telekomunikasi, logistik, hotel, retailer, entertainment centers, exhibition hall dan perkantoran.

Lokasi ini juga berdampingan dengan Pelabuhan kargo dan Kawasan Industri, serta memiliki ketersediaan lahan yang memadai untuk pengembangan Hub Cargo dan kegiatan operasi penerbangan lainnya.

Direktur BUBU Hang Nadim Batam, Suwarso, menyatakan fungsi pembangunan Bandara Hang Nadim adalah sebagai bandara pengumpul primer (hub airport) yang mencakup pelayanan penumpang dan kargo dalam jumlah besar.

Penyelenggaraannya berdasarkan Keppres Nomor 78 Tahun 1995 dan PP Nomor 65 Tahun 2014. Dengan itu, BP Batam menyelenggarakan kegiatan pengusahaan di Bandar Udara Hang Nadim Batam dengan membentuk Badan Usaha Bandar Udara Kawasan Batam.

"Jasa kebandarudaraan ditetapkan oleh Pimpinan Badan Usaha Bandar Udara Kawasan Batam dengan berpedoman pada struktur, golongan, dan mekanisme tarif jasa bandar udara yang ditetapkan Menteri Perhubungan,” jelas Suwarso.

Guna menjalankan fungsi tersebut, Bandara Hang Nadim memiliki fasilitas penunjang berupa, landasan pacu sepanjang 4025 x 45 meter, dengan kekuatan PCN 85, Garbarata 6 gate 10 aviobridge, kapasitas apron seluas 690 m x 140 m x 225 m x 49 m, Air Traffic Control & Navigational Aids yang didukung oleh Radar Surveillance Tanjungpinang, dan Pertolongan Kecelakaan Pesawat dan Pemadaman Kebakaran (PKP-PK). (adv)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved