Breaking News:

ASET BP BATAM

Bandara Hang Nadim Batam Dilengkapi Fasilitas PKP-PK Tercanggih, Ini Kehebatannya

Ada sebanyak 81 personel PKP-PK di Bandara Hang Nadim yang telah memiliki lisensi. Jumlah personel ini terbagi atas 3 grup

TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
Personel PKP-PK Bandara Hang Nadim Batam berfoto dengan mobil pemadam kebakaran bermerek Ziegler keluaran terbaru, baru-baru ini. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Bandara Kelas I Hang Nadim Batam dilengkapi dengan fasilitas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) yang memiliki tugas pokok berupa maintenance dan training.

"Fungsi PKP-PK ini menyelamatkan jiwa serta harta benda di sekitar area bandara yang dapat mengganggu kelancaran aktivitas bandara," ujar Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso, Rabu (15/7/2020).

Ada sebanyak 81 personel PKP-PK di Bandara Hang Nadim yang telah memiliki lisensi. Jumlah personel ini terbagi atas 3 grup, dengan 24 personel dalam 1 sifnya. Para personel biasa bertugas jaga secara bergantian di area watchroom yang tersedia.

"Tugasnya memantau pergerakan pesawat di movement area, radius ujung runway/binocular, radio, receiver serta public address system," jelas Suwarso.

Selain puluhan personel berlisensi, PKP-PK Bandara Hang Nadim Batam juga memiliki sarana kendaraan pemadam kebakaran yang memadai. Adapun jenis-jenis kendaraan yang tersedia, yaitu:

- 2 unit Foam Tender tipe I kapasitas 12.500 Liter air
- 1 unit Foam Tender tipe I kapasitas 12.000 Liter air
- 1 unit Foam Tender tipe II kapasitas 10.000 Liter air
- 1 unit Foam Tender Tipe IV kapasitas 4.500 Liter air
- 2 unit Nurse Tender kapasitas 5.000 Liter air
- 3 unit Ambulance
- 1 unit Commando Car
- 1 unit Utility Car
- 1 unit Forward Command Post
- 1 set salvage

Di samping itu, Bandara Hang Nadim juga memiliki mobil pemadam kebakaran tercanggih di Indonesia dengan akselerasi nol sampai 80 kilometer dalam hitungan menit.

"Kita punya dua unit mobil pemadam kebakaran dengan merk Ziegler," ujar Suwarso.

Mobil pemadam kebakaran itu diproduksi ileh PT Ziegler asal Jerman yang memiliki berbagai keunggulan dibandingkan, beberapa di antaranya, sensor air di bagian bawah, dan sistem quick start otomatis.

"Tinggal sentuh pakai tangan, mobil bisa langsung menyala dan siap dikendarai," ujar Suwarso.

Mobil pemadam kebakaran tersebut dapat menampung kapasitas 12.500 Liter air dan 1.500 Liter foam. Kecepatan berkendaranya pun cukup maksimal yaitu 120 kilometer per jam, sehingga dapat mencapai lokasi kebakaran hanya dalam hitungan menit.

Tidak hanya itu mobil seharga Rp 33 miliar yang dibeli pada 2017 lalu itu, juga dilengkapi dengan cutter weber atau alat pemotong dan spreader weber atau alat pembuka. Dengan adanya dua unit mobil pemadam kebakaran ini, maka Bandara Hang Nadim Batam masuk ke dalam kategori 9.

"Kategori 9 itu harus memiliki 23.300 liter air di dalam mobil pemadamannya dan kita satu mobil Ziegler itu mampu menampung 12.500 liter air, jadi dari dua mobil Ziegler saja kapasitas airnya sudah 25 ribu liter. Itu sudah melebihi," tambah Suwarso. (adv)

Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved