Breaking News:

Polibatam Gelar Wisuda Daring (Online) dan Luring (Drive Thru) dengan Tema “Polibatam Tangguh”

Politeknik Negeri Batam (Polibatam) menggelar wisata secara daring pada Selasa (7/7/2020) lalu dan secara luring (drive thru) pada Kamis (16/7/2020)

TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
Tampilan wisuda daring Polibatam Tangguh. Setiap tahunnya, Polibatam selalu menyelenggarakan wisuda dengan variasi kegiatan, tempat dan frekuensi yang berbeda-beda disesuaikan dengan situasi dan kondisi 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Wisuda merupakan upacara pelantikan atau peneguhan secara khidmat bagi seseorang yang telah menempuh pendidikan. Wisuda merupakan penanda kelulusan mahasiswa yang telah menempuh masa belajar pada suatu perguruan tinggi. Setiap perguruan tinggi memiliki kebijakan tentang wisuda yang berbeda-beda. Bahkan ada yang tidak menyelenggarakannya. Wisuda bukan bagian dari kurikulum yang wajib diselenggarakan.

Setiap tahun Polibatam selalu menyelenggarakan wisuda dengan variasi kegiatan, tempat dan frekuensi yang berbeda-beda disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Saat ini, Batam dalam kondisi Pandemi Covid-19. Kontak fisik dan kerumunan orang apalagi dalam ruang tertutup perlu dihindari. Penerapan protokol kesehatan secara disiplin wajib dijalankan agar kegiatan wisuda ini mengeliminasi terjadinya penularan virus Covid-19 antar orang. Tahun ini wisuda dilaksanakan di tengah pandemi, sebuah prosesi unik dan mengesankan yaitu secara daring (online) dan secara luring (drive thru).

Tema wisuda angkatan XX tahun 2020 ini yaitu “Polibatam Tangguh”. Pelaksanaan wisuda dilaksanakan secara daring pada Selasa (7/7) dan secara luring (drive thru) pada Kamis, tanggal 16 Juli 2020. Peserta wisuda secara daring sebanyak 95 peserta.

Jumlah wisudawan dan wisudawati secara luring yang mendaftar yaitu 111 wisudawan, namun yang turut hadir mengikuti prosesi sebangak 96 wisudawan-wisudawati. Para peserta wisuda hadir sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan panitia agar tetap bisa menjaga jarak. Menggunakan kendaraan baik itu mobil atau motor. Panitia wisuda dan Wisudawan-wisudawati beserta keluarga masuk ke lingkungan kampus dengan memperhatikan protokol kesehatan dimulai dengan pengecekan suhu, memakai masker atau face shield. Setelah itu kendaraan diarahkan untuk menuju ke lokasi antrian. Para wisudawan dan wisudawati sebelum mengikuti prosesi pemindahan kuncir toga juga disemprot handsanitizer dan memasuki bilik sterilisasi.

Direktur Polibatam dan jajaran manajemen Polibatam juga menyaksikan dengan posisi tetap menjaga jarak dan menggunakan masker. Prosesi wisuda secara luring atau drive thru ini dilaksanakan agar para wisudawan bisa segera berkontribusi di dunia kerja namun dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ditentukan serta bisa memberikan kesan yang indah di prosesi kelulusan meski di masa pandemi.

Kampus Politeknik Negeri Batam juga senantiasa menghimbau setelah prosesi wisuda ini agar segera untuk pulang dan tidak merayakan dengan banyak orang. Hal ini perlu dilakukan sebagai salah satu wujud kita sebagai masyarakat yang baik tetap berpartisipasi aktif dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

Direktur Polibatam Dr. Ir. Priyono Eko Sanyoto, DEA., IPM dalam sambutannya menyampaikan, “Acara wisuda ini bagus, lancar dan menghindari kerumunan. Selamat bekerja, semoga dalam satu dan dua bulan ini bisa mendapatkan kerja karena kita bisa segera laporkan kepada Dikti mengingat kita di Batam. Selamat kepada para wisudawan, selamat menempuh profesi baru. Selamat bekerja, selamat bekerja, semoga Polibatam semakin jaya”.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud RI Bapak Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D.memberikan arahan dan semangatnya dalam wisuda daring Polibatam pada Selasa (7/7), menyampaikan bahwa,“Selamat kepada para wisudawan-wisudawati, selamat juga kepada orang tua wali juga. Wisuda ini salah satu hal yang tidak akan adik-adik lupakan. Namun setelah proses wisuda ini nantinya akan mengalami hal-hal besar nanti di depan baik.

Tantangan, ujian atau cobaan di depan, semakin tinggi pohon tinggi semakin kuat angin menerpa itu merupakan bagian dari school of life itu adalah sekolah sesungguhnya, jangan berhenti belajar. Jangan merasa cukup ilmunya, terus belajar. Dan esensi belajar adalah untuk membahagiakan orang lain. Kompetensi yang lengkap ketika belajar di Politeknik yaitu hardskiil, soft skill, Jujur, Integritas. Ikuti passion anda, dan ketika bekerja dengan passion itu adalah level happines yang akan anda capai”. Kepada ibu dan bapak wali sekalian kami mengucapkan selamat, kami mengucapkan doa yang setinggi-tingginya, inshallah mereka akan membahagiakan bapak ibu, inshaallah mereka akan menjadi orang sukses. Wisuda secara daring tetap menjadi never ending dan unforgettable memory bagi adik-adik sekalian.”

Segenap sivitas akademika kampus Politeknik Negeri Batam, mengucapkan Selamat kepada para wisudawan dan wisudawati, Selamat mengaplikasikan ilmu yang didapat di kampus dan Sukses dalam karir. Salam Polibatam.

#Polibatam #HumasPolibatam #WisudaDriveThruPolibatam2020

(adv)

Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved