Breaking News:

Sektor Ekonomi Ini Tahan Banting saat Covid-19

Bank Indonesia (BI) mengisyaratkan potensi resesi akan dialami Indonesia di tahun ini. Namun di sisi lain, BI menyampaikan sektor yang tahan banting

IST
PANEN - Petani memanen cabai di salah satu lokasi pertanian di Pemkab Bintan, beberapa waktu lalu. Bintan merupakan sentra sayur-mayur dan mampu memasok produksinya ke beberapa daerah di Kepri. 

Editor: Agus Tri Harsanto

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mengisyaratkan adanya potensi resesi yang akan dialami oleh Indonesia di tahun ini. Namun di sisi lain, BI juga menyampaikan sektor-sektor yang memiliki kinerja keuangan baik di tengah pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 memang telah memukul perekonomian, bahkan negara Singapura mengalami resesi akibat Corona.

Lantas bagaimana dengan Indonesia

Bank Indonesia mewanti-wanti potensi Indonesia resesi bisa terjadi pada kuartal III-2020.

Menurut Asisten Gubernur, Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial Bank Indonesia (BI) Juda Agung, BI memprediksi kalau kuartal II-2020 pertumbuhan ekonomi Indonesia akan negatif.

Sementara di kuartal III-2020, pertumbuhan ekonomi juga masih akan negatif.

"Makanya kita berharap dengan kebijakan yang sudah ada, diambil oleh pemerintah dan otoritas terkait bisa mencegah terjadinya risiko resesi yang dalam," kata Juda Agung, Kamis (23/7).

Di sisi lain, Lembaga survei, Indikator Politik Indonesia menyatakan, sebagian besar pelaku usaha memandang kondisi ekonomi nasional buruk.

"Pelaku usaha cenderung lebih gelap dalam memandang ekonomi nasional ketimbang warga. Kalau dilihat ekonomi nasional di mata pelaku usaha lebih buruk kondisinya. Meskipun tidak berbeda jauh, warga juga secara umum menganggap kondisi ekonomi nasional memburuk dibandingkan sebelumnya," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi, Kamis (23/7).

Inflasi di Tanjungpinang Diperkirakan Rendah, BI Prediksi Perekonomian Kepri Membaik Saat New Normal

Halaman
1234
Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved