Breaking News:

ASET BP BATAM

Tugas dan Kekuatan PKP-PK Bandara Hang Nadim Batam

Adapun tugas pokok PKP-PK menyangkut kegiatan operasional pencegahan dan penanganan kecelakaan udara di lokasi bandara, kegiatan perawatan.

ISTIMEWA
Mobil-mobil pemadam kebakaran dan ambulans PKP-PK Bandara Hang Nadim Batam. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Unit kerja Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) merupakan aspek esensial dalam pembangunan bandar udara.

Terkhusus, Bandara Internasional Hang Nadim Batam, yang dikelola oleh Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim BP Batam, telah memiliki fasilitas lengkap dan canggih dalam hal pengamanan dan pencegahan kebakaran.

Adapun tugas pokok PKP-PK menyangkut kegiatan operasional pencegahan dan penanganan kecelakaan udara di lokasi bandara, kegiatan perawatan (maintenance), serta pelatihan personil PKP-PK.

"Fungsi PKP-PK yaitu menyelamatka n jiwa manusia dan harta benda di sekitar area bandara yang bisa mengganggu kelancaran aktivitas bandara," jelas Direktur BUBU Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso.

Jumlah personil PKP-PK Bandara Hang Nadim Batam mencapai 81 petugas berlisensi.

Dalam sekali shift, 24 personil PKP-PK siap siaga menjaga keselamatan dan kelancaran operasional pesawat terbang di bandara.

Salah satu tugas personil PKP-PK adalah mengamankan kondisi melalui ruang pemantauan.

Di sana, personil yang berjaga dapat memantau pergerakan pesawat di area pergerakannya dengan fasilitas binokular dan radio receiver.

Dalam hal penanganan kecelakaan dan kebakaran pesawat di area bandara, tim PKP-PK ini juga dilengkapi dengan unit ambulans, mobil komando, utility car, dan yang tak kalah penting adalah beberapa unit mobil pemadam kebakaran.

"Kita punya dua unit mobil pemadam keluaran terbaru dari Ziegler. Tapi perlu diketahui, mobil pemadam kebakaran bandara memang tidak bisa dipakai untuk memadamkan kebakaran di luar lokasi bandara, agar kalau terjadi kecelakaan di bandara, bisa cepat tertangani," tegas Suwarso.

Mobil pemadam kebakaran Ziegler ini merupakan salah satu yang tercanggih dibandingkan jenis lainnya. Dengan kapasitas tangki 12.500 Liter, DCP 500, dan foam 1.500 per unit, serta fitur quick start, mobil ini dapat memudahkan para personil PKP-PK Bandara Hang Nadim Batam dalam mengatasi kecelakaan atau kebakaran di lokasi bandara. (adv)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved