Breaking News:

Siap Tembus 1.900 Dolar AS, Harga Emas Cetak Rekor Tertinggi

Mengacu Bloomberg pukul 19.13 WIB, harga emas spot naik 0,35% menjadi US$ 1.893,98 per ons troi, setelah mencapai rekor tertinggi sejak September 2011

KONTAN/Muradi
Ilustrasi gadai emas. KONTAN/Muradi 

Editor: Danang Setiawan

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Harga emas melanjutkan pawai menuju US$ 1.900 pada Jumat (24/7/2020).

Mengacu Bloomberg pukul 19.13 WIB, harga emas spot naik 0,35% menjadi US$ 1.893,98 per ons troi, setelah mencapai rekor tertinggi sejak September 2011 di US$ 1.897,91 pada Kamis (23/7/2020).

Eskalasi ketegangan Amerika Serikat (AS)-China menambah bahan bakar safe-haven lebih lanjut ke reli ke puncak tertinggi dalam sembilan tahun terakhir.

"Ini adalah efek tidak langsung dari virus corona baru terhadap ekonomi dan keraguan mendalam, apakah kita akan melihat pemulihan berbentuk V yang mendukung harga emas," kata analis independen Ross Norman.

Harga emas sudah melonjak 24% tahun ini, dengan dukungan suku bunga rendah dan stimulus dari bank sentral untuk menghidupkan kembali ekonomi negara mereka.

Follow Juga:

Faktor tersebut menguntungkan emas karena dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang.

"Faktor ketakutan di sekitar pertengkaran AS-China akan menambah bahan bakar tetapi tidak akan bertahan lama," ujarnya kepada Reuters.

Sementara harga emas berjangka AS naik 0,1% ke posisi US$ 1.890,90 per ons troi.

 

"Jika ekonomi tidak menunjukkan tanda-tanda peningkatan kualitas, Anda bisa melihat aliran lebih lanjut ke emas dan itu akan melangkah lebih tinggi dari US$ 1.922 dan terus lebih tinggi hingga US$ 2.000," imbuh dia.

Dalam gejolak terbaru, China memerintahkan AS untuk menutup Konsulat Jenderal di Chengdu sebagai pembalasan atas penutupan konsulatnya di Houston. Ini mengurangi aset berisiko.

VIRAL Pendaki Tewas di Gunung Lawu Terekam Kamera, Lepas Baju Demi Bungkus Kayu Bakar

Fakta Baru Kasus Kematian Editor Metro TV, Gelagat Suci Dicurigai, Keluarga Yodi Prabowo Beri Pesan

Niat Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah & Arafah Jelang Idul Adha Disertai Lafal Latin dan Artinya

Lebih lanjut membantu harga emas, indeks dollar AS bertahan di dekat level terendah dalam dua tahun terakhir, dan berada di jalur untuk penurunan mingguan terbesar sejak awal Juni lalu.

Namun, "Kenaikan emas terjadi "sangat cepat, mungkin terlalu cepat," kata analis Commerzbank dalam sebuah catatan yang Reuters lansir.

"Ini memiliki risiko penurunan, terutama karena harga emas didorong hampir secara eksklusif oleh permintaan investasi yang sangat kuat," sebut mereka.

(*)

Artikel ini tayang di Kontan dengan judul Cetak rekor tertinggi, harga emas siap tembus US$ 1.900

Editor: Danang Setiawan
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved