Breaking News:

ASET BP BATAM

Pelayanan Perijinan Online Single Submission

OSS merupakan sistem layanan perizinan yang diterbitkan oleh lembaga OSS kepada pelaku usaha melalui sistem elektronik terintegrasi.

ISTIMEWA
Perizinan usaha di Batam saat ini menjadi lebih mudah dengan sistem Online Single Submission (OSS) yang disediakan oleh Direktorat Pelayanan Lalu Lintas Barang dan Penanaman Modal, Badan Pengusahaan (BP) Batam. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Perizinan usaha di Batam saat ini menjadi lebih mudah dengan sistem Online Single Submission (OSS) yang disediakan oleh Direktorat Pelayanan Lalu Lintas Barang dan Penanaman Modal, Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Menurut Direktur Pelayanan Lalu Lintas Barang dan Penanaman Modal BP Batam, Purnomo Andiantono, OSS merupakan sistem layanan perizinan yang diterbitkan oleh lembaga OSS kepada pelaku usaha melalui sistem elektronik terintegrasi.

"OSS digunakan untuk mengurus izin usaha dengan mudah, pelaku usaha bisa langsung submit sendiri lewat komputer atau laptop di masing-masing tempat usaha," jelas Andi.

Adapun alur perizinan usaha melalui OSS, pertama adalah, pelaku usaha melakukan pendaftaran terlebih dulu di sistem OSS, setelahnya lembaga OSS menerbitkan Izin Usaha dan penerbitan Izin Komersial atau Operasional berdasarkan Komitmen.

"Nanti yang terbit setelah submit OSS, berupa NIP dan Izin Usaha," ujar Andi.

Selanjutnya, pelaku usaha melakukan pemenuhan Komitmen Izin Usaha dan pemenuhan Komitmen Izin Komersial atau Operasional. Barulah pembayaran biaya PNBP atau Pajak/Retribusi Daerah diberikan oleh pelaku usaha.

Dalam proses ini, lembaga OSS melakukan fasilitasi kepada pelaku usaha (terutama UMKM) untuk memperoleh perizinan Berusaha melalui sistem OSS tersebut.

Tentunya kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah turut melakukan pengawasan atas pemenuhan Komitmen Izin Usaha dan pemenuhan Izin Komersial atau Operasional tersebut serta proses pembayaran dan pelaksanaannya.

Selain itu, ada pula yang dinamakan sistem IBOSS, yaitu Indonesia Batam - Online Single Submission. Sistem ini merupakan aplikasi perizinan secara elektronik yang terintegrasi dengan sistem OSS Nasional di wilayah KPBPB Batam.

"Nah, khusus di Batam, karena terkait kita wilayah Free Trade Zone (FTZ), kita membuat sistem Indonesia Batam - OSS (IBOSS). Ke depannya, pelaku usaha yang sudah mendaftar OSS, nanti akan terdaftar pula dalam IBOSS, dan bisa mengurus masalah lahan, atau SIKMB dan lain-lain," jelas Andi. (adv)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved