Breaking News:

ASET BP BATAM

Layanan IBOSS BP Batam, Terintegrasi Secara Nasional, Permudah Layanan Perizinan Berusaha

Penandatanganan MoU integrasi OSS dengan IBOSS sebelumnya telah dilaksanakan sejak 9 Maret 2020 lalu.

TribunBatam.id/Istimewa/Dokumentasi BP Batam
Foto ilustrasi Indonesia Batam - Online Single Submission (IBOSS). Layanan ini dibuat untuk memudahkan pelayanan dalam perizinan berusaha. 

Editor: Septyan Mulia Rohman

Apa Itu Layanan IBOSS PTSP BP Batam

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Direktorat Pelayanan Lalu Lintas Barang dan Penanaman Modal, BP Batam membentuk suatu sistem yang terintegrasi secara nasional dalam data-data usaha.

Sistem Indonesia Batam - Online Single Submission (IBOSS) itu bertujuan untuk memudahan layanan perizinan berusaha.

IBOSS merupakan sistem aplikasi perizinan secara elektronik yang terintegrasi dengan sistem Online Single Submission (OSS) Nasional di wilayah KPBPB Batam.

"BP Batam berupaya meningkatan pelayanan perizinan di Batam dengan menerapkan proses perizinan berbasis online dan terintegrasi dengan semua pemangku kepentingan sehingga proses perizinan dapat dilakukan secara cepat, mudah dan transparan," ujar Direktur Pelayanan Lalu Lintas Barang dan Penanaman Modal BP Batam, Purnomo Andiantono dalam keterangan yang diterima TribunBatam.id, Selasa (28/7/2020).

Tujuan IBOSS ini untuk memberikan kemudahan dan kecepatan pelayanan perizinan baik bagi pelaku usaha, maupun Lembaga OSS, melalui pembangunan sistem pelayanan perizinan berbasis online yang terintegrasi secara nasional.

Lagi, BP Batam Terima Opini WTP dari BPK RI, Catat Rekor Sejak 2016

BP Batam Kerja Sama Dengan BKPM RI & Pemko Batam, Integrasikan Sistem Pelayanan Perizinan Investasi

Meski belum berjalan secara efektif, namun proses integrasi OSS dengan IBOSS ini telah sampai pada tahap penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemko Batam dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) bersama BP Batam pada 16 Juli 2020.

Sebelumnya, penandatanganan MoU integrasi OSS dengan IBOSS juga telah dilaksanakan sejak 9 Maret 2020 lalu.

Harapannya, dengan terintegrasinya sistem OSS ke dalam IBOSS, maka arus perizinan usaha di Kota Batam dapat semakin cepat dan mudah

"Ke depannya, pelaku usaha yang sudah mendaftar OSS, nantinya akan terintegrasi pula dalam IBOSS, sehingga bisa mengurus masalah lahan, atau SIKMB, dan lain-lain," jelas Andi.(adv)

Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved