Breaking News:

ASET BP BATAM

Selain Penanggulangan Kebakaran, Ini Tugas Lain Tim MPK BP Batam

BP Batam memiliki unit khusus yang bertugas dalam penyelamatan bencana kebakaran di Kota Batam.

ISTIMEWA
Tugas dan ruang lingkup kegiatan Tim Rescue MPK BP Batam ini terbagi dua, yaitu pertama, pelaksanaan tugas penyelamatan pada bencana kebakaran untuk meminimalisir kerugian korban jiwa dan harta benda. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Badan Pengusahaan (BP) Batam memiliki unit khusus yang bertugas dalam penyelamatan bencana kebakaran di Kota Batam.

Yaitu Subdit Mitigasi dan Penanggulangan Kebakaran (MPK) BP Batam, atau yang biasa disebut dengan Tim Rescue MPK BP Batam.

Adapun tugas dan ruang lingkup kegiatan Tim Rescue MPK BP Batam ini terbagi dua, yaitu pertama, pelaksanaan tugas penyelamatan pada bencana kebakaran untuk meminimalisir kerugian korban jiwa dan harta benda.

Kedua, melakukan bentuk penyelamatan lain di luar kebakaran, seperti water rescue, animal rescue , dan sebagainya.

"Selama ini, masyarakat hanya mengira, tugas Tim MPK BP Batam hanya penanggulangan kebakaran saja, tetapi masih banyak peran lain yang dapat dilakukan oleh tim," ujar Kasubdit Mitigasi dan Penanggulangan Kebakaran BP Batam, Barlian Untoro.

Selain menanggulangi kebakaran, personil rescue Tim MPK BP Batam juga dapat mengatasi masalah-masalah seperti pencarian dan evakuasi korban tenggelam, evakuasi orang dengan indikasi bunuh diri, pemusnahan dan pemindahan sarang tawon, evakuasi ular dan binatang liar, mengevakuasi hewan yang terjebak di ketinggian, hingga melepas cicin dari jari yang tersangkut.

"Ada beberapa tugas yang pernah kita laksanakan sebelumnya, beberapa di antaranya, evakuasi korban kebakaran di penginapan area Nagoya, evakuasi korban kebakaran di kapal tanker di Pantai Stress, Sei Jodoh, hingga pemusnahan sarang tawon," jelas Barlian.

Selain dari pada pelaksanaan tugas fisik, Tim MPK BP Batam juga melakukan kegiatan penyuluhan dan inspeksi tentang bahaya kebakaran serta bagaimana cara penanggulangannya. Tim juga melakukan mitigasi pada bangunan dan lingkungan kerja aset-aset BP Batam yang dilaksanakan secara berkala.

Dalam melakukan tugas-tugasnya, Tim MPK BP Batam dilengkapi dengan beberapa sarana dan peralatan lengkap, seperti mobil rescue, tandu, set alat penyelam, pendeteksi asap, baju anti lebah, perahu karet, gergaji, dan masih banyak lagi.

"Peralatan kami memang tergolong lengkap dan cukup mahal. Tapi kami harap peralatan ini tidak dipakai, karena ketika dipakai, itu berarti sedang ada bencana yang tidak diinginkan di luar sana," tambah Barlian. (adv)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved