Breaking News:

TRIBUN WIKI

Mengenal Penyebab dan Gejala Adenoma Bronkus, Berbahaya Namun Sering Tak Disadari

Adenoma bronkus adalah istilah umum untuk menggambarkan berbagai keganasan di saluran pernapasan di bawah sel-sel epitel bronkus.

Kompas.com
Adenoma bronkus adalah istilah umum untuk menggambarkan berbagai keganasan di saluran pernapasan di bawah sel-sel epitel bronkus (saluran napas menuju paru-paru) atau di kelenjar bronkus. 

Editor: Widi Wahyuning Tyas

TRIBUNBATAM.id - Adenoma bronkus adalah istilah umum untuk menggambarkan berbagai keganasan di saluran pernapasan di bawah sel-sel epitel bronkus (saluran napas menuju paru-paru) atau di kelenjar bronkus.

Terdapat 3 tipe utama yang merupakan penyebab paling sering (sekitar 95 persen kasus) adenoma bronkus, yaitu adenoma karsinoid, karsinoma adenoid kistik, dan karsinoma mikoepidermoid.

Gejala

Pada awalnya, adenoma bronkus dapat tidak menimbulkan gejala hingga waktu yang lama.

Pada kondisi lebih lanjut, pengidap dapat mengalami beberapa gejala tergantung dari lokasi keganasannya.

Gejala yang dapat dialami oleh pengidap tumor karsinoid antara lain batuk atau batuk darah, mengi, sesak napas, nyeri dada, wajah yang kemerahan, infeksi seperti pneumonia.

Sedangkan keluhan yang sering dialami akibat karsinoma adenoid kistik adalah benjolan pada langit-langit mulut, dibawah lidah atau di bagian bawah mulut, sulit menelan, suara serak, baal pada rahang, langit-langit mulut, wajah atau lidah, dan benjolan di bawah rahang atau di depan telinga.

Pada karsinoma mukoepidermoid, gejala yang dapat timbul misalnya adalah adanya pembengkakkan pada kelenjar di dekat telinga, bawah rahang, atau mulut, dan baal atau nyeri pada wajah.

Penyebab

Halaman
123
Editor: Widi Wahyuning Tyas
Sumber: TribunnewsWiki
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved