Breaking News:

ASET BP BATAM

Dua Lokasi KEK Disahkan, Daya Saing Batam Bertambah

Bandara Hang Nadim dan Nongsa Digital Park kini ditetapkan lokasi Kawasan Ekonomi Eksklusif di Batam.

ISTIMEWA
Suasana di area Bandara Hang Nadim yang kini ditetapkan lokasi Kawasan Ekonomi Eksklusif di Batam. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Daya saing Batam kembali bergairah setelah disahkannya dua titik lokasi Kawasan Ekonomi Eksklusif di Batam.

Adapun dua lokasi KEK tersebut yakni kawasan Nongsa Digital Park, serta Bandara Hang Nadim Batam.

"Di samping kita kawasan Free Trade Zone (FTZ), baru-baru ini dua lokasi di Kota Batam juga sudah disahkan sebagai KEK," ujar Kepala Pusat Pengembangan KPBPB Batam dan KEK, Endri Abzan.

Di kawasan Nongsa, rencananya akan dibangun pusat percontohan pariwisata Nongsa Digital Park.

Bekerjasama dengan PT Taman Resor Internet (Tamarin), BP Batam akan menyulap lahan seluas 166,45 hektar menjadi kawasan investasi bernilai Rp 16 triliun.

"Salah satu manfaatnya bagi masyarakat, kawasan ini dapat menyerap sekitar 16.500 tenaga kerja. Saat ini kita sudah berhasil menyerap 1.395 tenaga kerja," tambah Endri.

Selain itu, di kawasan Bandara Hang Nadim Batam, tengah berjalan Maintenance Repair & Overhaul (MRO) Batam Aero Technic.

MRO ini berfungsi menyediakan jasa reparasi, perawatan, serta pemeliharaan pesawat terbang di Indonesia.

Dengan dibentuknya dua KEK di wilayah Kota Batam ini, diprediksi akan menambah daya tarik Batam di samping pengembangan FTZ yang sudah berjalan.

Hal ini didukung oleh beragam inovasi dan investasi pada dua KEK yang telah dibentuk saat ini.

"FTZ sudah ada, dan sudah bagus. Pemerintah terus berupaya membentuk inovasi lagi yang dapat menambah daya tarik Batam, yaitu salah satunya dengan KEK ini," ujar Endri.

Adapun manfaat dari KEK sendiri, yakni menambah pemasukan negara, mendorong kegiatan investasi di Kota Batam, menangkap peluang bisnis di pasar Asia Pasifik, serta peningkatan kapasitas serapan SDM.

Selain itu, Nongsa Digital Park (NDP) sendiri dapat berfungsi sebagai entry point untuk perusahaan IT Internasional dari Singapura dan mancanegara dengan ditetapkannya NDP menjadi IT HUB Digital Bridge Indonesia ke Singapura & mancanegara.

"Ada banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh setelah dua lokasi KEK ini disahkan oleh pusat," tegas Endri. (adv)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved