Breaking News:

ASET BP BATAM

TIK BP Batam Dilengkapi Teknologi Anti Petir

Potensi ancaman yang kerap terjadi di pulau Batam, yakni sambaran petir yang disebabkan oleh kondisi tanah bauksit yang banyak ditemui di Kota Batam.

ISTIMEWA
Teknologi anti petir data center BP Batam menggunakan sistem grounding, yang mana dapat mengalirkan arus petir langsung ke dalam tanah. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Bagi BP Batam Information Technology (BIT) keamanan data center yang memuat berbagai informasi penting sejumlah perusahaan maupun instansi pemerintahan adalah prioritas utama.

Selain menyediakan fasilitas rak penyimpanan data bagi klien, BIT juga menjamin seluruh keamanan data dari berbagai ancaman kerusakan.

Mulai dari pengetatan akses masuk ruangan data center menggunakan biometrik, BP Batam juga menyiapkan fasilitas penunjang keamanan data dari potensi bencana alam.

Sejauh ini, pulau Batam sangat potensial dan strategis sebagai tempat dibangunnya data center, sebab dinilai berisiko rendah mengalami bencana alam.

Menurut Asisten Manajer Pemasaran, Pengembangan Usaha dan Customer Care, TIK BP Batam, Gandi Wibowo, hal ini disebabkan pulau Batam secara geografis tidak dilalui jalur ring of fire.

"Kami menjamin ketersediaan dan keamanan tingkat tinggi. Pertama, data center kami didukung oleh lokasi Batam yang strategis, jauh dari ring of fire sehingga berisiko rendah terhadap bencana alam. Selain itu, fasilitas keamanan kami juga sangat memadai," jelas Gandi.

Adapun potensi ancaman yang kerap terjadi di pulau Batam, yakni sambaran petir yang disebabkan oleh kondisi tanah bauksit yang banyak ditemui di Kota Batam.

Mencegah adanya kerusakan disebabkan sambaran petir, data center BP Batam telah mengembangkan electricity treatment system.

Teknologi anti petir data center BP Batam menggunakan sistem grounding, yang mana dapat mengalirkan arus petir langsung ke dalam tanah.

Untuk menghindarkan peralatan elektronik dari listrik statis akibat petir, maka lantai pada rak server dinaikkan hingga mencapai grounding di bawah 0,5 Ohm.

"Grounding-nya kami jaga di bawah 0,5 Ohm, sehingga mendekati netral. Jadinya listrik statis dari petir itu tidak bocor ke mana-mana, melainkan langsung dialirkan ke dalam tanah untuk dinetralkan," tambah Gandi.

Dengan demikian, data center BP Batam tidak perlu diragukan lagi, mengingat lengkapnya fasilitas penunjang keamanan, baik dari potensi peretasan, maupun bencana alam.

TIK BP Batam juga masih terus mengembangkan berbagai fasilitas data center maupun training center sesuai dengan kebutuhan di jaman yang terus berkembang ini. (adv)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved