Breaking News:

TRIBUN PODCAST

Tribun Podcast Batam: Pantang Putus Asa, Ini Relevansi Kegiatan Pramuka di Masa Kini

Amsakar mengatakan, gerakan pramuka bertujuan membentuk jati diri anak-anak bangsa, dengan menanamkan nilai-nilai kedisiplinan, tanggungjawab

Penulis: Hening Sekar Utami | Editor: Dewi Haryati
TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
Tribun Podcast Batam edisi Jumat (14/8/2020) menghadirkan pembicara Ketua Kwartir Cabang Pramuka Batam, Amsakar Achmad 

Editor: Dewi Haryati

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Ketua Kwartir Cabang Pramuka Batam, Amsakar Achmad menjadi narasumber dalam kegiatan Tribun Podcast Batam, Jumat (14/8/2020).

Mengenakan seragam pramuka lengkap, Amsakar memaparkan pentingnya nilai-nilai ke pramukaan guna membentuk jati diri generasi bangsa.

Itu seiring bertambahnya usia gerakan pramuka nasional yang pada Jumat ini menginjak angka 59 tahun. Pramuka masih dinilai relevan menjawab tantangan zaman yang kian menggerus jati diri generasi muda.

"Sejak dunia mulai berjalan menuju atmosfer yang unpredictable, berbagai lompatan terjadi, saya tidak melihat adanya alasan pramuka tidak lagi relevan," tutur Amsakar dalam acara Tribun Podcast yang mengangkat tema Pramuka Semangat Pantang Putus Asa, pada Jumat.

Pada dasarnya, Amsakar menambahkan, gerakan pramuka bertujuan membentuk jati diri anak-anak bangsa, dengan menanamkan nilai-nilai kedisiplinan, tanggungjawab, pantang menyerah, dan lain sebagainya.

 Jelang HUT RI, Rutan Batam Ajukan Remisi Bagi 278 Warga Binaan 

 Lawan Polisi Pakai Senpi, 2 Pria Diduga Pengedar Sabu Kini Ditangani Ditreskrimum Polda Kepri

Di dalam gerakan pramuka, para anggota dapat melatih nilai-nilai tersebut di atas, melalui berbagai kegiatan yang sangat bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun lingkungan.

Amsakar mencontohkan, selama pandemi Covid-19 di Kota Batam, para kader pramuka telah turut berkontribusi dalam upaya penanganan pandemi tersebut, salah satunya dengan menjaga jalannya pembagian BPNT di kantor-kantor pos, hingga turun ke pasar untuk membagikan masker dan menyosialisasikan pentingnya protokol kesehatan.

"Saya pikir pramuka sangat relevan dengan perkembangan jaman, terutama dalam hal membentuk jati diri anak-anak bangsa. Memang kelihatannya kegiatan-kegiatan pramuka isinya senang-senang saja, seperti camping, games, dan lain sebagainya, tapi kegiatan itu lah yang mampu menanamkan nilai-nilai penting dalam diri anak," jelas Amsakar dengan penuh antusiasme.

Selaku Ketua Kwarcab Pramuka Batam sekaligus Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, senantiasa berusaha mengimplementasikan nilai-nilai kedisiplinan dan ke pramukaan tersebut dalam ranah pemerintahan.

Prinsip kepemimpinan yang dianut pria kelahiran Lingga ini, adalah usaha dalam menggerakkan segala potensi dan sumber daya menuju suatu tujuan. Selaras dengan nilai-nilai ke pramukaan, seluruh elemen sumber daya tersebut haruslah bergerak dalam kesadaran kolektif. Oleh karena itulah, Amsakar selalu berusaha agar elemen yang bergerak dalam pemerintahan bekerja dengan hati yang selaras dan nyaman.

"Prinsip saya, pemimpin itu harus seperti pohon, ke atas harus berpucuk, ke bawah harus mengakar, kalau daunnya rimbun jadi tempat orang berteduh, dahannya kuat tempat orang bergantung, dan batangnya kokoh tempat orang bersandar," terang Amsakar.

Ia juga selalu menekankan pentingnya loyalitas dalam bekerja, baik terhadap pimpinan, maupun terhadap pekerjaan itu sendiri. Sebagai lulusan Sosiologi Universitas Riau, Amsakar menekankan pentingnya loyalitas serta nilai kebersamaan ketika ditempatkan dalam lingkup pekerjaan apapun.

"Investasi terbesar dalam hidup bukan terletak pada seberapa berartinya banyak orang bagi diri anda, tapi seberapa berartinya diri anda bagi banyak orang," ujar Amsakar.

Selanjutnya, kepada para generasi muda, khususnya di Kota Batam, Amsakar berpesan, bahwa kesuksesan di dunia maupun akhirat kuncinya ada pada pendidikan dan pengetahuan. Ia mengajak anak-anak muda agar tidak berhenti mengembangkan kapasitas dirinya sehingga menjadi lebih berdaya saing.

Dalam konteks pandemi, Amsakar menginginkan para generasi muda Batam berperan sebagai penyambung lidah pemerintah dalam mengimbau penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat. Sebab, anak-anak muda dinilai masih memiliki energi yang besar dan kuat untuk mengomunikasikan hal tersebut di seluruh penjuru Kota Batam.

"Saya pesan kepada anak-anak muda Batam, teruslah memompa diri, memacu diri, untuk menjadi yang terbaik. Kalau di dalam hati ada rasa putus asa, anda pasti menjadi beban bagi sejarah Batam dan bagi orangtua anda. Maka tidak boleh ada anak muda yang belum apa-apa sudah pasrah dan putus asa," pesan Amsakar.

(TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved