Breaking News:

Heboh Uang Baru, Tips Cara Memesan dan Mengenali Uang Khusus Peringatan Kemerdekaan RI

Memperingati kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, Bank Indonesia (BI) meluncurkan uang peringatan (commemorative money) tepat pada hari ini

ISTIMEWA
Penampakan mata uang baru khusus HUT Ke-75 RI yang dirilis Bank Indonesia pada 17 Agustus 2020 

Heboh Uang Baru, Cara Memesan dan Mengenali Uang Khusus Peringatan Kemerdekaan RI

TRIBUNBATAM.id - Memperingati kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, Bank Indonesia (BI) meluncurkan uang peringatan (commemorative money) tepat pada hari ini, Senin (17/8/2020).

Periode pemesanan penukaran terdiri dari dua tahap.

Tahap pertama tanggal 17 Agustus-30 September 2020 dengan tempat penukaran di kantor pusat BI dan 45 kantor perwakilan BI. 

Sedangkan tahap kedua pemesanan penukaran tahap 2 tanggal 1 Oktober 2020 sampai selesai, dengan penukaran di BI pusat dan perwakilan di daerah, serta bank umum yang ditunjuk.

Masyarakat yang ingin melakukan pemesanan penukaran secara online UPK75, bisa mengisi formulir pemesanan pada aplikasi PINTAR di website BI melalui tautan https://pintar.bi.go.id.

Bertepatan dengan peringatan HUT ke 75 Tahun Kemerdekaan RI, Bank Indonesia bersama Kementerian Keuangan akan merilis uang rupiah khusus.
Bertepatan dengan peringatan HUT ke 75 Tahun Kemerdekaan RI, Bank Indonesia bersama Kementerian Keuangan akan merilis uang rupiah khusus. (istimewa)

"Selain itu, ini juga sebagai wujud dalam mensyukuri anugerah kemerdekaan dan pencapaian hasil pembangunan Indonesia selama 75 tahun merdeka, simbol memperteguh kebhinnekaan, dan optimisme menyongsong masa depan Indonesia," tutur bank sentral dalam siaran pers, Senin (17/8/2020). 

Agar masyarakat bisa lebih mengenali ciri-ciri keaslian uang peringatan kemerdekaan 75 tahun RI, BI telah menyediakan media komunikasi dan edukasi kepada masyarakat lewat poster dan informasi yang bisa diunduh lewat website BI atau lewat tautan https://pintar.bi.go.id.

BI pun menjelaskan, tema besar dalam desain uang peringatan ini adalah pertama, mensyukuri kemerdekaan, kedua, memperteguh kebhinnekaan, ketiga, menyongsong masa depan gemilang, yang ini dilambangkan dalam gambar-gambar yang merupakan desain uang peringatan. 

Mensyukuri kemerdekaan digambarkan dengan peristiwa pengibaran bendera pada saat proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 silam.

Halaman
1234
Editor: Irfan Azmi Silalahi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved