Breaking News:

Cara Facebook Ajak Pengguna Pindah ke Tampilan Baru

Beberapa waktu lalu, Facebook merilis layout baru dengan tata letak yang lebih segar dan sederhana.

kompas.com
Aplikasi Facebook Messenger 

TRIBUNBATAM.id - Beberapa waktu lalu, Facebook merilis layout baru dengan tata letak yang lebih segar dan sederhana.

Pengguna juga bisa memilih apakah ingin menggunakan desain baru atau tetap menggunakan desain klasik.

Namun, perlahan-lahan, Facebook akan "memaksa" penggunanya bermigrasi dari desain lama ke desain baru. Sebab, tampilan lama Facebook lama akan dipensiunkan bulan September mendatang.

Itu artinya, pada bulan September nanti, pengguna tidak akan lagi bisa beralih ke tampilan lama Facebook. Pengumuman itu muncul tatkala pengguna membuka laman Facebook.

"Sebelum kami membuat Facebook klasik tidak tersedia pada bulan September, kami harap Anda memberi tahu kami bagaimana bisa terus menjadikan Facebook lebih baik untuk semua orang," tulis Facebook.

Dalam pengumuman itu disebutkan beberapa keunggulan desain baru Facebook. Seperti mempermudah pencarian karena desain yang lebih rapi dan ikon serta teks yang lebih besar.

Facebook juga mengklaim tampilan baru miliknya memiliki respons yang lebih cepat, sehingga pengguna tak butuh waktu lama saat membuka halaman facebook.com lewat browser.

Tampilan baru Facebook juga memiliki sebuah fitur yang tidak tersedia di tampilan lama, yakni mode gelap atau dark mode. Pengguna bisa mengaktifkan mode tersebut melalui halaman pengaturan.

Tampilan baru Facebook ini diperkenalkan pada acara kumpul developer F8 2019 yang dihelat April dan Mei tahun lalu. Desain itu mulai digelontorkan ke pengguna pada bulan Maret 2020.

Sekilas, tampilan baru Facebook mirip dengan tampilan media sosial Twitter versi web. Desain ini juga tampak menata ulang susunan menu di sisi kiri dan kanan Facebook, atau biasa disebut dengan sidebar. Sidebar di sebelah kanan kini menampilkan daftar teman yang sedang daring.

Sebelumnya, daftar tersebut disembunyikan di dalam tab "Chat" yang bisa diklik. Tab "Chat" sendiri melekat di bagian pojok kanan bawah tampilan situs Facebook. Facebook juga mengubah desain logonya. Pada desain lama, huruf "f" bewarna biru tua dibingkai dengan persegi bewarna putih.

Sementara pada desain baru, huruf "f" diganti menjadi warna putih dengan bingkai lingkaran biru, sebagaimana dirangkum Neowin. Pengguna saat ini masih bisa menggonta-ganti tampilan Facebook melalui halaman pengaturan.

Pengguna cukup menekan pilih opsi "beralih ke Facebook Baru". Langkah yang sama juga bisa dilakukan untuk kembali ke desain layout lama.

Editor: Rio Batubara
Sumber: Info Komputer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved