Breaking News:

ASET BP BATAM

Sekilas Info Jembatan I Barelang, Warisan Mendiang BJ Habibie di Batam

Panjang total dari Jembatan I Barelang mencapai 642 meter dengan panjang bentang utama 350 meter.

TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
Foto udara terkait Jembatan 1 Barelang yang merupakan warisan mendiang Presiden BJ Habibie di Batam 
Editor: Dewi Haryati
TRIBUNBATAM.id, BATAM - Jembatan Barelang adalah salah satu warisan pembangunan pada masa kepemimpinan B.J. Habibie di Kota Batam.

Tujuan dari pembangunan infrastruktur ini, adalah guna menunjang serta mempercepat laju pengembangan wilayah Barelang itu sendiri.
Pembangunan keenam jembatan di Barelang dimulai sejak Oktober 1993 dan selesai secara bertahap mulai tahun 1996.

Adapun biaya yang dihabiskan untuk pembangunan ini mencapai Rp 257 miliar, sedangkan untuk pembangunan jalan Trans Barelang memakan biaya sebesar Rp 77,3 miliar.
Salah satu dari keenam jembatan yang menghubungkan wilayah Barelang adalah Jembatan I yang dinamakan Tengku Fisabilillah. Jembatan I ini menghubungkan Pulau Batam dan Tonton dengan tipe cable stayed.

Bagian utama jembatan yang paling menonjol adalah struktur pilon berketinggian 119,774 dengan lebar maksimum pada bagian dasar 34,3 meter.
Panjang total dari Jembatan I ini mencapai 642 meter dengan panjang bentang utama 350 meter. Jika diukur, jembatan ini juga memiliki lebar 21,5 meter dengan lebar trotoar 1,8 meter bertipe pondasi bored pile 120.
Pembangunan jembatan ini didukung oleh PT Hutama Karya sebagai kontraktor pelaksananya, serta saat ini telah dikelola dan menjadi aset dari Badan Pengusahaan (BP) Batam.
Sesuai dengan perencanaan Masterplan Barelang, Pulau Tonton akan dikembangkan sebagai kawasan pariwisata. Sementara itu, pemberian nama Raja Haji Tengku Fisabilillah diabadikan sebagai nama jembatan, mengingat ia adalah seorang Raja yang Dipertuan Muda Riau-Lingga-Johor-Pahang keempat. (adv)
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved